Lumbung Berita
NEWS TICKER

Idul Adha: Tentang Himbauan Pengurangan Sampah Plastik, ini Respon Camat Purwosari..!!!

Rabu, 28 Juni 2023 | 5:19 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Ramainya selebaran Surat Edaran (SE) di Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan terkait “Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik” mendapat respon dari Camat Purwosari, Sugeng Haryadi.

Kepada Lumbung Berita Senin (21/06/2023), Sugeng Haryadi membenarkan adanya Surat Edaran dari Pemkab Pasuruan bernomor SE. no:003/1376/424.081/2003 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik.

“Ya. Memang kita meneruskan edaran dari pemkab, agar kita sedapat mungkin mengurangi sampah plastik saat idul adha,” ungkap sapaan Sugeng.

Mantan Camat Wonorejo juga berharap kepada masyarakat, jika informasi di atas kurang jelas dapat bertanya langsung di Kecamatan Purwosari.

“Artinya bahwa, sedapat mungkin perayaan idul adha ini dapat mengurangi sampah plastik. Ya kita harus fleksibel cara berfikirnya, bukan berarti tidak diperbolehkan sama sekali,” kata Camat yang murah senyum ini.

Sugeng Haryadi yang juga mantan PLT Camat Nongkojajar juga menjelaskan, kalau kita kan tahu kalau plastik habis dipakai bungkus daging jika dibuang sembarangan akan menimbulkan bau dan sumber penyakit.

Baca Juga : klik disini šŸ‘‡  RSUD Bangil Launching Layanan Baru "Holistic"

“Makanya harus disediakan tempat atau serapi mungkin agar tidak jadi sarang lalat,” harap Camat yang juga hobi musik slow ini.

Sebelumnya beredar selebaran surat himbauan di Desa Martopuro tentang “Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik” di tujukan kepada panitia Ibadah Qurban (Masjid, Langgar, Mushollah, dll).

Sementara itu ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Komando Rakyat Anti Konspirasi (LSM Korak Indonesia), Sholikhin. Menurutnya, adanya surat edaran pemkab dan kecamatan juga desa harus bisa memberi solusi pengganti plastik yang di himbaukan.

“Kasih solusi atau siapkan solusi pengganti plastik, jangan hanya menghimbau tapi tidak memberi solusi. Hanya bikin gaduh masyarakat saja selebaran ini,” ungkap Sholikhin, Rabu (28/06/2023).

Sekedar di ketahui, Pemkab Pasuruan mengeluarkan Surat Edaran (SE). nomor: 003/1376/424.081/2003 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik.

Jurnalis : Lum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITAĀ 
error: Content is protected !!