Lumbung Berita
NEWS TICKER

Ikuti Sedekah Bumi, Adinda Ingin Kembangkan Budaya Nusantara

Minggu, 17 September 2023 | 12:23 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Sedekah bumi dan ruwah Dusun Gedang di Desa Jerukpurut, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan pagi tadi (17/9/2023) terasa berbeda.

Selain karena gelaran pertama usai pandemi covid, sedekah bumi yang diikuti 5 RT ini juga dihadiri oleh Tokoh Pemuda berpengaruh di Gempol, Adinda Denisa.

Kehadiran lulusan Psikologi Unair ini tak sekadar sebagai penonton, Adinda juga ikut ambil bagian menjadi peserta acara.

“Senang bisa ikut berpartisipasi acara dusun saya sendiri. Ini yang pertama saya ikut. Kebetulan (gelaran) ini juga pertama setelah pandemi,” terangnya.

Melihat dan ikut merasakan sendiri salah satu tradisi leluhur di dusunnya, Adinda mengaku ingin mengembangkan budaya-budaya nusantara.

“Keinginan saya, kebudayaan Jawa maupun Indonesia bisa dikembangkan secara baik. Mungkin bisa dilakukan dengan berkolaborasi dengan berbagai elemen,” tuturnya.

Sepemantauan Lumbung Berita, Adinda ikut membantu 3 ancak dalam sedekah bumi tersebut. Ancak-ancak ini melengkapi ancak dari perwakilan tiap RT.

Dengan memakai pakaian tradisional, Adinda berdiri diatas bak motor berisi ancak. Sepanjang perjalanan arak-arakan ancak, dengan ramah kader Gerindra ini menyapa satu persatu warga yang menonton.

Baca Juga : klik disini 👇  Cempaka-Cargill-USAID Luncurkan CITASAMA: Seribu Hektar untuk Seribu Manfaat

“Tadi seru banget. Semua antusias mengikuti sedekah dusun. Karena semua masyarakat sini paham sedekah bumi ini salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan,” jelasnya.

Disinggung terkait pencalonannya, ia enggan berkomentar lebih jauh. Saat ini, dirinya ingin menikmati semangat pemuda melestarikan budaya leluhur.

“Ini enggak ada hubungannya dengan pencalonan saya. Murni saya terpanggil dan wajib hadir karena ini dusun saya sendiri. Apalagi ini sejalan dengan nilai yang saya anut, yakni pemuda harus ambil bagian dalam pelestarian budaya,” tutupnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!