Lumbung Berita
NEWS TICKER

Ikuti Upacara Hari Jadi, Budayawan Pasuruan Setuju Taman Prasasti

Senin, 18 September 2023 | 8:47 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Budayawan Pasuruan yang tergabung dalam Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Pasuruan setuju dengan rencana pembangunan Prasasti oleh Pemdes Bulusari.

Pernyataan para budayawan ini terujar saat mengikuti mengikuti upacara Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke- 1904 di Desa Bulusari, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Senin (18/9/2023).

Ketua FPK Pasuruan, Cucuk Agung Setiyono menjelaskan, Pemdes Bulusari sudah sangat layak memiliki taman dengan ikon prasasti Cungrang. Apalagi Cungrang dikenal sebagai cikal bakal lahirnya Kabupaten Pasuruan.

“Sudah selayaknya masing-masing daerah, termasuk desa bisa menonjolkan potensi dan kearifan lokalnya dalam bentuk taman ikonik. Seperti Patung Pak Sakera di Kolursari Bangil yang dekat dengan Makam Pak Sakera,” urainya.

Bahkan Agung menjelaskan jika sudah banyak daerah yang membangun taman dengan ikon potensi daerahnya, misal Kota Batu dengan ikon Buah Apel dan Pamekasan dengan ikon Arek Lancor.

“Kami sangat mendukung langkah Pemdes Bulusari yang sedang membangun taman ikonik dengan menampilkan replika Prasasti Cungrang,” ujar seniman Mocopat ini.

Senada dengan Agung, Doddy Affandi pengurus FPK bidang Ritus menambahkan, pembuatan replika di area taman menjadi daya tarik tersendiri.

Baca Juga : klik disini 👇  Adiknya Digoda, Sang Kakak Naik Pitam dan Bunuh Warga Beji

Selain menambah nilai estetika juga akan membuat pengunjung atau wisatawan tertarik untuk melihat yang asli.

“Replika atau duplikat apapun akan menambah keindahan taman. Para spiritualis tentu akan melakukan ritual di prasasti aslinya. Bukan di taman rekreasinya,” pungkas budayawan muda asal Prigen ini.

Informasi yang diterima Lumbung Berita, upacara yang dipimpin Camat Gempol, Komari, ini dihadiri oleh anggota DPRD Kabupaten Pasuruan dan beberapa budayawan dan undangan.

Sambutan tertulis Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf yang dibaca oleh Camat Gempol, banyak berisi tentang kemajuan yang dicapai Pemerintah Kabupaten Pasuruan selama ini.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!