Lumbung Berita
NEWS TICKER

Jelang Lebaran, Rumah Budaya Saraswati Bagikan Sembako

Jumat, 7 Mei 2021 | 4:36 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Rumah Budaya Saraswati dan Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Kabupaten Pasuruan hari ini memberikan bingkisan sembako untuk seniman-seniman Pasuruan (07/05/2021).

Bingkisan menjelang lebaran itu berupa mie instan, gula, kopi, minyak goreng, makanan dan minuman ringan. Sebanyak 75 seniman mendapatkan bingkisan tersebut.

“Kami sediakan 75 paket untuk seniman. Baik seniman ludruk, dalang, musisi, sinden, ada juga juru pelihara situs, dan budayawan lainnya,” ujar pemilik Rumah Budaya Saraswati Ki Bagong Sabdo Sinukarto.

Pembagiannya sendiri terbagi di tiga tempat. Yakni Rumah Budaya Saraswati Prigen, rumah seniman Cucuk Agung Pandaan dan Candi Gapuro Gempol.

Ki Bagong mengakui tak seluruh seniman di Pasuruan mendapatkan bingkisan itu. Pasalnya, sumber dana kegiatan ini murni dari seniman.

“Bingkisan ini murni dari seniman untuk seniman. Tak ada bantuan dari pihak manapun, termasuk pemerintah daerah. Jadi mohon maaf, belum bisa menjangkau seluruh seniman,” tuturnya.

Yang menarik, pemberian bingkisan di tempat pamungkas. Yakni di Candi Gapuro, di Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol. Disana seluruh penerima bingkisan wajib hadir di Candi.

Baca Juga : klik disini  Warga Bugul Lor di Amankan Satresnarkoba Polresta Pasuruan

Sebagai informasi, Candi Gapuro terletak di tengah ladang. Akses masuk kesana, harus ditempuh dengan berjalan kaki sekira 400 meter. Kontur tanahnya pun naik turun. Tak heran para seniman banyak terengah-engah setelah dari sana.

Candi Gapuro menurut Ki Bagong sengaja dipilih sebagai tempat terakhir pemberian bingkisan. Sebab, kata Gapuro memiliki lambang perminta maafan.

“Gapura itu bisa dilambangkan Ghofur (Al-Ghofur). Dalam bahasa Arab, artinya Yang Maha Pengampun. Jadi kami hari ini atas nama seniman dan manusia biasa memohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat indonesia atas kebijakan, suguhan, sajian maupun tindak tanduk kami selama ini,” ulasnya.

Jurnalis : Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!