Lumbung Berita
NEWS TICKER

Kadispar Pasuruan Berharap Wonosunyo Gempol Menjadi Desa Wisata

Minggu, 29 Mei 2022 | 10:26 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Besarnya potensi Desa Wonosunyo membuat Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Pasuruan, Eka Wara Brehaspati berharap desa ini kedepannya menjadi Desa Wisata.

Harapan mantan Camat Purwosari ini dikemukakan saat membuka sambutan dalam acara Festival Candi Belahan di Candi Belahan Sumber Tetek, Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Minggu (29/05/2022).

“Potensi di desa ini sangat besar. Kami berharap Desa Wonosunyo kedepannya masuk sebagai desa wisata,” ucap Kadis yang hari ini mewakili Bupati Pasuruan tersebut.

Menurutnya, untuk menjadi Desa Wisata diperlukan atraksi. Atraksi ini, jelasnya, tak melulu dengan kegiatan, tapi juga bisa dengan keberadaan sumber daya alam maupun peninggalan yang mempunyai nilai daya tarik.

“Harus ada atraksi wisata. Tak harus kegiatan. Bisa jadi seperti gua bersejarah atau pun lautan pasir. Nah, di sini selain ada candi, juga ditambah atraksi yang lain, semacam ritual selamatan desa. Tentu ini menarik sekali,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia berharap festival semacam ini tak hanya pertama dan terakhir, melainkan berkelanjutan dan berkembang lebih baik pada tahun-tahun mendatang.

Baca Juga : klik disini 👇  Populer di Jombang, Seni Sandur Mulai Bangkit dari Tidur

“Saya harap tahun depan ada lagi festival seperti ini. Apalagi ini sesuai dengan arahan Pak Bupati untuk menggenjot kesejahteraan masyarakat melalui pariwisata, budaya, dan sebagainya,” ulasnya.

Ucapan Eka Wara ini pun disambut baik oleh Kades Wonosunyo, M. Saleh. Pria berpawakan kurus ini siap menggelar festival serupa lebih meriah lagi.

“Tahun depan kami siap mengadakan lagi festival semacam ini. Karena masyarakat saya lihat sangat menikmati dan tentunya membawa dampak ekonomi masyarakat kita,” tandasnya.

Sebagai informasi, gelaran festival ini terselenggara berkat kerjasama dengan Yayasan Stapa Center. Lewat Manager Program Stapa Center, J. Lutfi, Stapa Center menilai Wonosunyo mempunyai potensi besar untuk wilayah Pasuruan bagian barat.

“Kami menilai potensi terbesar di Pasuruan Barat, terutama Kecamatan Gempol ini adalah Desa Wonosunyo. Untuk itu kami berkomitmen akan mengangkat desa ini menjadi Desa Wisata,” tutupnya.

Pantauan Lumbung Berita di lokasi, festival ini dimeriahkan dengan berbagai macam atraksi kesenian tradisional, seperti tari-tarian, bantengan, hingga pameran hasil UMKM Desa Wonosunyo.

Baca Juga : klik disini 👇  Terkait Penculikan Anak, Kapolres Pasuruan, itu Hoaks

Sejak pagi, puluhan orang mulai mendatangi area festival. Makin siang, pengunjung makin banyak. Mereka dengan antusias menonton pertunjukan demi pertunjukan sampai selesai.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!