Lumbung Berita
NEWS TICKER

Kejari Kabupaten Pasuruan Ikuti Raker 2020 secara Virtual

Selasa, 15 Desember 2020 | 2:53 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan mengikuti Rapat Kerja Kejaksaan RI Tahun 2020. Raker tersebut digelar secara virtual. Rencananya raker berlangsung mulai Senin (14/12/2020) hingga Rabu (16/12/2020).

Raker dibuka dari Menara Kartika Adhyaksa Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta. Sedangkan di Kabupaten Pasuruan sendiri, rapat berlangsung di Aula Kantor Kejaksaan Negeri.

Raker dengan tema “Komitmen Kejaksaan Menyukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional” itu dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dan Kepala Kejaksaan Agung RI Sanitiar Burhannudin.

Setelah membuka raker, Presiden kemudian memberikan sejumlah arahan. Kejaksaan, sebut Jokowi, adalah institusi terdepan dalan penegakan hukum, pencegahan sekaligus pemberantasan korupsi. Oleh sebab itu, ia meminta Kejaksaan tetap bersih dan dipercaya oleh masyarakat.

“Kejaksaan mempunyai kiprah penting dalam mengawal kesuksesan pembangunan nasional. Kiprah Kejaksaan adalah wajah pemerintah. Kejaksaan adalah wajah kepastian hukum Indonesia di mata rakyat dan di mata internasional. Tanpa Kejaksaan yang bersih dan dipercaya, satu fondasi penting pembangunan nasional juga akan rapuh,” paparnya.

Integritas dan profesionalitas, lanjut Jokowi, menjadi dua titik penting dalam meraih kepercayaan publik.

Baca Juga : klik disini  Training Of Commander Resmi di Buka Bupati Pasuruan

“Artinya Kejaksaan harus bersih, Kejaksaan harus dapat menjadi role model penegak hukum yang profesional dan berintegritas,” ungkapnya.

Caranya adalah dengan melakukan pembenahan di tiap sektor, mulai hulu hingga hilir. Selain itu Kejaksaan juga harus mengefektifkan relasi dengan penegak hukum lainnya.

“Pembenahan dari hulu sampai hilir di internal Kejaksaan dan dalam relasinya dengan lembaga penegak hukum lain harus terus diefektifkan,” terangnya.

Presiden juga meminta Kejaksaan untuk mengawasi pembangunan nasional. Terutama dalam penggunaan APBN. Situasi krisis kesehatan dan ekonomi, lanjut Jokowi, membuat penggunaan APBN harus tepat dan cepat.

“Penggunaan APBN harus dibelanjakan secara cepat dan tepat untuk kepentingan rakyat. Juga untuk membawa negara kita keluar dari krisis kesehatan dan krisis ekonomi sekarang ini,” tukas Jokowi.

Senada dengan Presiden, Kepala Kejaksaan Agung RI Sanitiar Burhanuddin menegaskan komitmen pihaknya dalam meningkatkan kinerja sesuai dengan ketetapan rencana strategis Kejaksaan RI 2020-2024.

“Kejaksaan RI terus berkomitmen untuk meningkatkan kinerja sesuai sasaran strategis yang telah ditetapkan dalam rencana strategis Kejaksaan RI tahun 2020-2024,” tegasnya.

Baca Juga : klik disini  Sosialisasi Konsensus 4 Pilar Kebangsaan, Aminurokhman Bersama Tokoh Masyarakat dan Struktural Partai Nasdem Kota Pasuruan

Pria kelahiran Cirebon ini mengatakan Kejaksaan yang dipimpinnya tetap berada relnya. Yakni sesuai dengan pada visi dan misi Presiden RI Joko Widodo.

“Kami tetap berpedoman dengan visi misi Bapak Presiden. Antara lain peningkatan kualitas manusia Indonesia, peningkatan sistem hukum yang bebas dari korupsi, bermartabat dan terpercaya. Kemudian perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga, serta pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, dan terpercaya,” jabarnya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan Ramdhanu Dwiyantoro mengatakan pihaknya siap melaksanakan kebijakan, arahan, dan petunjuk dari Presiden maupun Kepala Kejaksaan Agung RI.

“Kami akan melaksanakan seluruh kebijakan, ketetapan, petunjuk serta arahan Presiden Joko Widodo dan Kepala Kejaksaan Agung RI ST. Burhanuddin. Ini juga dalam rangka menyukseskan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19,” tutupnya.

Jurnalis : Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!