Lumbung Berita
NEWS TICKER

Kemunculan Lembu Suro dan Naga Hijau, jadi Pusat Perhatian di Karnaval Tanjungarum

Sabtu, 17 September 2022 | 4:11 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan Lumbung-betita.com

Sedekah Dusun yang juga dimeriahkan dengan kegiatan Karnanaval berlangsung meriah di Dusun Ngemplak Desa Tanjungarum Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Sabtu, 17/9/2022.

Dari banyaknya arak-arakan dengan berbagai kreativitas warga yang di tampilkan dalam gelaran karnaval kali ini, mulai dari baju adat Nusantara, tradisi Nusantara, kostum karnival, seni budaya indonesia, sampai hasil bumi juga ikut di arak oleh warga, bahkan beberapa kendaraan yang membawa Sound sistem dengan audio horeg ” sebutan trend nya” cukup membuat para pengunjung tutup telinga.

Kemunculan replika Lembu Suro dan Naga Hijau, rupanya memecah perhatian ribuan pasang mata sore ini, pasalnya bentuk dan tampilannya cukup memukau, kata “Angga” salah satu penonton yang menyaksikan.

Keterangan dari Kepala Dusun Ngemplak ” Asmoro”, Lembu Suro dan Naga Hijau di datangkan langsung dari Gersik, yang katanya telah menjuarai dalam kirab budaya diwilayah Gersik.

Kepala Desa Tanjungarum ‘ Abdul Karim, menerangkan pada awak Media Lumbung Berita, bahwa Karnaval ini selain rangkaian acara sedekah Dusun, juga memperingati hari jadi Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga : klik disini  Indahnya Berbagi, Alumni SDN Purwosari 1 Angkatan 1988 Bagi-bagi Takjil

“Karnaval ini adalah tingkat dusun, namun karena antusias warga dan semangat masyarakat cukup luar biasa, ternyata diikuti oleh seluruh dusun yang ada di wilayah Tanjungarum bahkan ada yang dari tetangga Desa” terangnya.

Dalam pantauan media, terlihat beberapa tamu undangan yang hadir duduk di panggung kehormatan, seperti Camat Sukorejo dan Wakil ketua DPRD Kabupaten Pasuruan.

Andri Wahyudi, Wakil ketua DPRD Kabupaten Pasuruan yang turut menyaksikan jalannya Karnaval Tanjungarum, menuturkan ” sore ini saya diundang desa Tanjungarum dalam rangka sedekah bumi, Agustusan, dan perayaan hari jadi Kabupaten Pasuruan”.

Intinya, hari ini Desa Tanjungarum menunjukan kekompakannya, ribuan orang yang datang, manfaatnya cukup luar biasa, ekonominya bergerak, yang jualan banyak, yang sewa sound sistem laku, tata rias laku, bahkan tukan pijat saya yakin juga laris, begitu tutur santai bang Andri (panggilan angkrabnya).

Kami sangat mendukung kegiatan ini, ‘Bang Andri menambahkan, kegiatan sedekah bumi merupakan wujud dari rasa syukur kepada Tuhan, itu artinya kita berharap masyarakat lebih sehat, sejahtera dan berkah, Pungkasnya.

Baca Juga : klik disini  AKBP Arsal Sahban Ucapkan Selamat Anniversary ILKP ke 4

Selain dukungan dari banyak pihak, acara yang di gelar di Tanjungarum ini juga di promotori oleh seorang tokoh masyarakat yang kebetulan dipercaya jadi ketua panitia.

Purwanto” ketua panitia yang dipercaya oleh warga dalam gelaran luar biasa di Tanjungarum, berhasil kami wawancarai di kediamannya, ia menyampaikan bahwa kegiatan dalam rangka sedekah bumi dan hari jadi Kabupaten Pasuruan.

Ucapan terimakasih pada semua pihak, dukungan dan partisipasi masyarakat cukup antusias dalam kegiatan ini, harapannya kedepan masyarakat lebih kompak, rukun dan lebih baik di segala bidang, Tutup sang ketua panitia. 

Jurnalis:Din

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!