Lumbung Berita
NEWS TICKER

Kepala Dinas Koperasi Launching Aplikasi APIK Yang di Resmikan Langsung PJ Bupati Pasuruan 

Jumat, 7 Juni 2024 | 4:12 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan lumbung-berita.com

Aplikasi APIK ( Aplikasi pemberdayaan dan peningkatan Kapasitas UMKM) merupakan Aplikasi yang berbasis website ini bertujuan untuk penataan anggota UMKM dengan baik dan peningkatan pelayanan, Jum’at (07/06/24).

Kepala Dinas Koperasi Tri Krisni Astutik, S.SOS.,MM mengatakan,” adanya layanan aplikasi ini sebagai program strategis penanganan berbagai bentuk perbaikan menata sistem dan standar UMKM di Kabupaten pasuruan kapan lagi dan siapa lagi,”jelasnya. 

Dalam rangka HUT KOMPPAK yang di Hadiri PJ Bupati dan Forkopimda Kabupaten Pasuruan jajaran Kepala Dinas, Ketua Kadin dan para Pengusaha.

Dalam paparannya Kepala Dinas Koperasi menjelaskan,”Sebenarnya kami tidak paparkan secara detail bapak karena forumnya nanti saat ujian saja. Kebetulan trio ini tidak ada.

Aka nya masih sedang kegiatan pertama
Kedua Alfi, ketiga Ana jadi,karena jadi Peserta diklat ibu mohon maaf, Jadi ini Paparan dari peserta diklat yang tugas akhirnya harus Membuat proyek perubahan, Jadi saya hanya menjalankan, jadi kenapa kami mengambil topik tentang pendataan hari ini Pendataan merupakan hal yang utama dalam mengambil kebijakan data yang baik. Data yang lengkap, data yang mencukupi, Bisa kita intervensi dengan segala apa yang dibutuhkan saat saat ini data dinas koperasi dan UKM,ada beberapa data Yang pertama.
online data sistem di mana di sana merupakan data dari Kementerian Koperasi yang sudah terdata hingga tahun 2022,” Jelas Wanita yang murah senyum.
 
Masih Kepala Dinas Koperasi Tris Krisni Astutik Data UMKM sekabupaten Pasuruan melalui data OS ini ada sekitar 255.000 yang terdaftar, Kemudian ada lagi, Versi yang lain Sistem informasi data tunggal sejumlah 27.000 tahun ini kita juga akan ada, Potensi pendataan 56.000 artinya,data ini masih belum ada yang akurat. Yang bisa diintervensi oleh Dinas koperasi. Makanya berdasarkan persetujuan dari pak mentor.
 
Kami membuat proyek perubahan berupa pendataan karena di era digital, sebagai mana kalau kita masih menggunakan kertas yang pertama jatuh, kehujanan, ketinggalan,lupa dia dan sulit dicari, makanya kami bersama dinas komunikasi dan informatika Kabupaten Pasuruan membangun aplikasi pemberdayaan dan peningkatan kapasitas UMKM di Kabupaten Pasuruan.
 
Melalui APIK ini di sana ada pendataan, kemudian ada pelatihan dan juga ada pembinaan sehingga UMKM Kabupaten Pasuruan bisa kita klaster mana yang harus diintervensi bidang sosialisasinya mana yang diintervensi saat pelatihan maupun sampai pendampingan legal formal organisasi.
Dalam aplikasi nanti dalam dashboardnya sudah tertulis dengan sangat lengkap mulai dari jenis kelamin dari pelaku UMKM saat ini yang masuk masih sekitar hampir 200, Karena baru kita bangun mulai awal tahun awal bulan juni ini. Uji coba tadi sudah dilakukan pada tanggal 3 Juni.
 
Kesulitan untuk mengakses karena ini tidak pakai membeli dari aplikasi app store atau yang lainnya. Pakai website dan yang utama adalah aplikasi Ini terintegrasi dengan siap,satu data Kabupaten Pasuruan makanya kami sangat berterima kasih kepada tim teknis yang sudah memfasilitasi semua.
Sehingga bisa terlaksana. Kegiatan yang kita harapkan bisa mengangkat dan Naik kelas,”Tutupnya.
 
Di tempat yang sama PJ Bupati memberikan Apresiasi kepada Kepala Dinas Koperasi yang telah membuat terobosan baru terkait data UMKM kabupaten pasuruan.
Penerbit : red
 
 

Baca Juga : klik disini 👇  RSUD Bangil Launching Layanan Baru "Holistic"

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!