Lumbung Berita
NEWS TICKER

Ketua Komisi IV H.Ruslan Hadiri Harlah Tagana Yang Ke 17

Selasa, 9 Maret 2021 | 6:31 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Ketua Komisi IV anggota DPRD kabupaten Pasuruan Fraksi PDIP H.Ruslan menghadiri Apel Siaga Bencana yang diselenggarakan oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pasuruan Apel Siaga Bencana yang berlangsung di Wisata Kampoeng pancar air Desa Cowek Kecamatan Purwodadi kabupaten Pasuruan, Senin pagi (08/03/21).

Hal ini merupakan acara puncak HUT ke-17 Tagana Kabupaten Pasuruan, dalam rangka mewujudkan Tagana Kabupaten Pasuruan yang terintegrasi, terampil, dan tertib dalam mengoptimalkan penanggulangan bencana berbasis masyarakat.

“Atas nama pimpinan Komisi IV, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-17 kepada Taruna Siaga Bencana Kabupaten Pasuruan yang telah melaksanakan ketugasan dan pengabdian secara professional, akuntabel, dan eksistensinya tidak diragukan lagi di lingkungan masyarakat maupun di tingkat nasional,” ujar H.Ruslan dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, H Ruslan menyampaikan harapannya kepada Tagana Kabupaten Pasuruan. “Semoga Tagana terus bersemangat  dalam pengembangan wawasan pengurangan resiko Kebencanaan, pengelolaan pengungsi dan logistik, dan menjadi akselerator bagi upaya optimalisasi penanggulangan bencana alam, baik yang berbasis masyarakat maupun ketugasan lainnya,” Pesan H.Ruslan

Baca Juga : klik disini  Kunjungi Pengungsi, Andri Wahyudi Berharap Pemkab Gerak Lebih Cepat

H.Ruslan menekankan, hakikat dari tujuan penanggulangan bencana yaitu mengurangi resiko dan menekan dampak bencana terhadap masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, upaya penanggulangan bencana harus dilaksanakan secara terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh.

Selain itu, H.Ruslan juga menghimbau kepada masyarakat untuk memahami peran dan fungsinya dalam penanggulangan bencana, yaitu dengan upaya pemberdayaan yang dilakukan meliputi penguatan, pemantapan, dan pelatihan sesuai dengan budaya dan kearifan lokal, serta kemampuan dan potensi masyarakat.

“Sehingga, masyarakat akan lebih mandiri, lebih kuat, lebih sigap, lebih terlatih, dan lebih siap untuk menghadapi bencana yang mendatang, tanpa bergantung pada pihak lain kecuali kondisi khusus,” Tutupnya.

Jurnalis : Yudha

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!