Lumbung Berita
NEWS TICKER

Kirab Santri hingga Gus Miftah Warnai Peringatan 1 Muharram di Winong

Selasa, 9 Agustus 2022 | 2:28 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Peringatan 1 Muharram di Desa Winong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan dikemas secara istimewa. Mulai pagi tadi (9/8/2022) hingga dini hari nanti masyarakat Winong seakan diajak “healing”.

Berbagai kegiatan bertemakan islami digelar dengan melibatkan masyarakat. Seperti santunan anak yatim, kirab santri, sampai acara puncak pengajian akbar dengan penceramah Gus Miftah dan bintang tamu Cak Percil.

“Alhamdulillah masyarakat Winong sebagian besar menghendaki adanya pengajian. Makanya kami merespon dengan mengemas kegiatan secara maksimal,” tutur Kades Winong, Suyanto.

Pengemasan secara maksimal ini tak hanya di acara puncak. Saat kirab santri, Pemdes Winong juga mengundang 11 TPQ yang tersebar di seluruh desa.

Santri-santri tersebut didandani ala karnaval Hari Kemerdekaan. Ada juga yang sampai menampilkan replika Ka’bah dan masjid.

Tak hanya sekadar kirab, nantinya para peserta juga akan dinilai dan diberi hadiah. Kriteria pemenangnya adalah keseragaman, kerapian, dan kreativitas.

“Kami akan berikan hadiah menarik buat pemenang kirab. Kami juga sudah siapkan jurinya,” ungkap Kades yang juga Ketua AKD Kecamatan Gempol.

Baca Juga : klik disini  Meriah.!! Acara "Bersih Desa" di Dukung Pemuda Desa Wotgalih Nguling

Untuk acara puncak, Pemdes menggandeng pelaku UMKM di desa setempat. Stan-stan UMKM ditempatkan di sisi utara panggung. Penonton yang haus ataupun lapar, bisa beranjak ke tempat ini.

“Kami memang sengaja menggandeng pemuda, Karang Taruna, maupun pelaku UMKM. Agar dampak ekonomi dari pengajian akbar ini bisa dirasakan warga Winong sendiri,” tukasnya.

Kiki, salah satu penonton kirab santri mengaku kagum dengan padatnya kegiatan hiburan bertema islami di Desa Winong. Ia berkeinginan suatu saat nanti di desanya juga digelar acara serupa.

“Mantab (acara di) Winong ini. Acara puncaknya enggak main-main. Saya harus hadir ini. Ya semoga desa saya bisa mengadakan kegiatan seperti ini. Biar saya enggak jauh-jauh nontonnya,” tutup warga Watukosek tersebut.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!