Lumbung Berita
NEWS TICKER

KOMISI IV DPR RI HADIRI BIMTEK DI PULAU GARAM

Minggu, 7 Maret 2021 | 7:38 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Sampang_Lumbung-berita.com
Anggota Komisi IV DPR RI, Slamat Ariyadi melakukan Bimtek di Kabupaten Sampang, Minggu (07/03/2021). Bimtek dikhusukan membahas seluk beluk peternakan sapi potong.

Sudah umum diketahui, Sapi potong menjadi salah satu pilihan masyarakat di Madura. Suatu komoditas yang diyakini bisa menjadi sumber pendapatan keluarga.

Proses pemeliharaan sapi potong sebenarnya cukup mudah dilakukan. Namun, terkadang kendala juga banyak ditemukan di beberapa peternak.

Beberapa peternak, acap kali belum memiliki orientasi beternak sapi potong bisa menjadi sumber pendapatan utama. Disinilah yang menjadi dasar Slamat Ariyadi memberikan penyuluhan.

“Sehingga pemeliharaan sapi potong yang dilakukan peternak di Pulau Garam khususnya Kabupaten Sampang tidak dilakukan secara asal–asalan,” tuturnya.

Menurutnya, banyak hal yang harus diketahui peternak sebelum mengenal management pemeliharaan. Seperti pemilihan bibit, pemberian pakan, dan pemasaran.

“Perlu diketahui bahwa bimbingan teknis (Bimtek) merupakan bagian dari pelatihan dan pengembangan pengetahuan serta kemampuan sumber daya manusia yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh setiap petani  maupun maupun penyuluh,” paparnya.

Baca Juga : klik disini  LSM P-MDM angkat Bicara soal Proyek Rehab TK Warsediputra Kayukebek

Bimtek peningkatan kapasitas petani dan Penyuluh Pertanian angkatan ke 6, menyuguhkan materi pemeliharaan ternak ruminansia.

Bimtek kali ini sengaja dilaksanakan di Madura atau kenal juga sebagai Pulau Garam, bahkan sering dijuluki dengan sebutan Pulau Sapi. Hal ini karena beternak sapi sudah menjadi rutinitas di hampir semua kabupaten di Madura.

“Termasuk salah satunya kabupaten Sampang, masyarakat petani di perdesaan bisa dipastikan memiliki sapi,” ujarnya.

Ia menegaskan, sebagai wakil rakyat, dirinya akan berkomitmen untuk terus mengawal program pemerintah yang berorientasi pada peningkatan kapasitas para petani dan penyuluh.

Dirinya tak memungkiri keberadaannya digedung parlemen Senayan merupakan salah satu buah karya dari para petani dan penyuluh.

“Saya tak akan pernah melupakan masyarakat pulau Garam. Saya akan selalu menyempatkan dan menyisihkan waktu untuk bertemu dan berinteraksi dengan para petani dan penyuluh,” tegasnya.

Suami dari Lis Sugiarti ini berangan-angan bahwa Madura kedepannya akan menjadi salah satu sentral sapi potong, sehingga sebutan Pulau Sapi itu memang nyata adanya.

Baca Juga : klik disini  Ringankan Korban Bencana Alam, Polda Jatim Salurkan Bantuan Hingga 1,8 Milyar

“Akan segera saya realisasikan dengan memberi modal kerja setiap 1 rumah 1 sapi dan 1 desa 1 pengolahan,” tukasnya.

Bimtek hasil Kolaborasi Kementerian Pertanian dengan Komisi IV DPR RI melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) ini juga dihadiri oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu, Wasis Sarjono dan 100 orang peserta dari berbagai kalangan.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), mengatakan peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementan. Karena, lanjutnya SDM bisa meningkatkan produktuvitas.

“Peran SDM sangat penting dalam pertanian. Oleh karena itu, Kementan akan meningkatkan kapasitas SDM baik lewat pelatihan maupun bimtek,” terangnya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menyampaikan SDM yang berkualitas dapat menciptakan inovasi dan terobosan-terobosan yang dibutuhkan pertanian.

“Melalui kegiatan bimbingan teknis diharapkan ada peningkatan kualitas sumberdaya petani dan penyuluh yang selanjutnya berdampak pada peningkatan produktivitas pertanian,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, Wasis Sarjono, mengatakan, Bimtek sebagai titik awal jalinan dengan Kabupaten Sampang akan terus dipelihara. Tentunya melalui kiprah Komisi IV dari Fraksi Partai Amanat Nasional.

Baca Juga : klik disini  Ponpes Dalwa Pasuruan Gunakan Genose untuk Tes Covid

Wasis menambahkan dalam penggemukan sapi potong, pakan sangat berpengaruh. Komposisi dari pakan harus diperhatikan. Pemberian pakan yang bergizi dapat menghasilkan pendapatan yang maksimal.

“Salah satu dengan memberi pakan hijauan seperti pakchong dan odot. Karena pakan ini banyak mengandung serat kasar dengan nilai cerna yang rendah dan cukup tinggi kandungan proteinnya,” tutup Wasis

Jurnalis : Ulum

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!