Lumbung Berita
NEWS TICKER

Komitmen : Tanam 9.000 Pohon, Cargiil Lestarikan Hutan Gunung Arjuna

Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:00 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Komitemen Cargill melalui anak perusahaannya PT. Sorini Agro Asia Corporindo, Tbk (PT. Sorini), dalam melestarikan lingkungan sangatlah tinggi. Terutama dalam upaya restorasi hutan lindung di Kawasan Gunung Arjuna.

Seperti kali ini, bersama Cempaka Foundation dan berkolaborasi dengan multipihak melakukan tanam 9.000 pohon di kawasan hutan lindung di Lereng Gunung Arjuna.

Penanaman itu dilakukan di luasan lahan 46 hektar, di Kawasan Hutan Lindung Petak 36a, Sumber Mata Air Curahtangkil Gunung Arjuna, Prigen pada Kamis 20 Januari 2022.

Selama lebih dari lima tahun, PT. Sorini telah menanam 28.500 pohon dengan luas total 139 hektar yang melibatkan 46 orang petani hutan yang merawat pohon tersebut.

Dengan kegiatan konservasi ini, maka sampai dengan tahun 2022 ini PT. Sorini telah melakukan konservasi hutan Gunung Arjuna seluas total 185 hektar.

Direktur PT. Sorini, Fanny Hosea menjelaskan jika program penanaman pohon ini merupakan komitmen perusahaan dalam menjaga hutan tetap lestari, dan resapan air tanah semakin baik di Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga : klik disini  Mediasi antara Keluarga Sunarti dengan TK. ABA Mentah

Selain penanaman, Fanny (sapaa) menambahkan juga dilaksanakan peresmian kawasan hutan yang telah ditanami sebagai Kawasan Restorasi Ekosistem Hutan Lindung.

“Agar kegiatan penanaman dan perawatan pohon ini dapat memberi dampak dan manfaat yang dapat dipantau secara berkelanjutan”, jelasnya, Sabtu (22/01/2022).

Direktur Cempaka Foundation Sarifudin Lathif mengatakan Kawasan ini merupakan terobosan baru dari kolaborasi pihak swasta, LSM, masyarakat, pemerintah dan akademisi.

“Dalam kawasan ini akan ada kegiatan penanaman, perawatan, pemantauan, pemberdayaan masyarakat hingga penelitian untuk melihat dampak dan manfaat kegiatan konservasi yang telah dilakukan,” ungkapnya.

Senada dengan Sarifudin Lathif, Kasi Kelola SDH Perum Perhutani KPH Pasuruan Soetijono menyebut kolaborasi multipihak ini sangat membantu mempercepat pelestarian hutan. “Karena pada prinsipnya kelestarian hutan adalah tanggungjawab semua pihak,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Pasuruan mengapresiasi program Cargill melalui PT. Sorini terutama konsep Kawasan Restorasi Ekosistem yang dinilainya sebagai jalan keberlanjutan sebuah program.

“Cargill melalui PT. Sorini memiliki komitmen yang tinggi karena telah menjalankan kewajiban sebagaimana tertuang dalam dokumen kajian lingkungan perusahaan. Selain itu juga menjalankan kegiatan CSR untuk terus memantau dan memberi manfaat bagi masyarakat dari penanaman pohon tersebut,” pungkasnya.

Baca Juga : klik disini  Polsek Wonorejo Sosialisasi "Kenakalan Remaja" di Mts N 4 Pasuruan

Penerbit : Redaksi.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!