Lumbung Berita
NEWS TICKER

Kunjungi BPK XI Jatim, FPK Sampaikan Usulan Konstruktif

Kamis, 1 Februari 2024 | 3:56 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Mojokerto_Lumbung-Berita.com
Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim mengunjungi Kantor Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) XI Jatim, di Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Kamis (1/2/2024).

Kunjungan dari berbagai seniman-budayawan ini untuk menyampaikan saran dan usulan konstruktif. Utamanya terkait Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) di Mojokerto dan Pasuruan.

Seperti contohnya di Patirtan Jolotundo, Mojokerto. FPK mengusulkan untuk menggratiskan karcis masuk khusus untuk pelaku ritual.

Selain itu, FPK juga mengusulkan tambahan aturan, yakni pengunjung menggunakan kemben saat berada di lokasi Patirtan Jolotundo.

“Usulan ini bagian dari sinergi antara FPK dengan lembaga negara. Bagaimanapun, BPK adalah bapak angkat kami selain Disbudpar Jatim dan BBJT (Balai Bahasa Jawa Timur),” ujar Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto.

Tak ketinggalan FPK juga melaporkan kondisi kerusakan Candi Belahan Sumber Tetek dan maraknya bangunan liar di kawasan Pertapaan Indrokilo Pasuruan.

“Respon BPK Jatim sangat baik. Usulan kami diterima. Ya meskipun ada beberapa masukan yang harus dikomunikasikan dengan instansi lain,” tutur Ki Bagong.

Sementara itu Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) wilayah XI, Endah Budi Heryani mengatakan, sinergitas dengan komponen masyarakat sangat diperlukan untuk melakukan pemajuan kebudayaan di Jawa Timur termasuk dengan FPK.

Baca Juga : klik disini 👇  Motor Dinas BPD Nogosari Raib: Oknum Kabur Usai Tarik Biaya PTSL

Menurutnya BPK tidak hanya menangani Cagar Budaya namun juga 10 Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) juga merupakan kewenangannya yang juga harus dimajukan.

“Masukan tentang cagar budaya akan kami pelajari dan perlu dikordinasikan dengan instansi lain. Kami siap bersinergi dan berselaras. Tidak hanya tentang cagar budaya, tapi semua obyek pemajuan kebudayaan,” pungkasnya.

Jurnalis: Adi

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!