Lumbung Berita
NEWS TICKER

Kunjungi Galeri Batik Kepulungan, Wabup Apresiasi Semangat Ibu-Ibu

Rabu, 27 Juli 2022 | 8:49 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Pelatihan wirausaha pembuatan batik di Desa Kepulungan mendapat perhatian dari Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron.

Pagi tadi (27/7/2022), Wabup beserta Muspika Gempol hadir di galeri batik, di kediaman Kades Kepulungan, Didik Hartono.

Sekitar satu jam, pria yang akrab disapa Gus Mujib ini melihat dari dekat proses pembuatan batik. Mulai penggambaran pola, canting, hingga hasil produksi.

Selama memantau, Pimpinan Ponpes Al-Yasini Areng-Areng, Wonorejo ini sempat berdecak kagum dengan hasil karya asli warga Kepulungan tersebut.

“Saya mengapresiasi betul dan nanti saya laporkan ke Pak Bupati. Luar biasa ibu-ibu Kepulungan. Ini bisa jadi contoh bagi masyarakat yang lain,” terangnya.

Tak hanya itu, ia juga menyempatkan berdialog dengan para pembuat batik. Di sini, lagi-lagi ia dibuat kagum dengan ketelatenan para pekerja yang didominasi kaum emak-emak tersebut.

“Nyanting itu enggak gampang. Perlu ketenangan, ketelatenan, dan fokus. Melihat hasil batiknya, saya menilai fokus ibu-ibu di sini benar-benar luar biasa,” ucapnya.

Program hasil kerjasama dengan PT Cargill ini menurut Wabup sejalan dengan salah satu program Pemkab Pasuruan, yakni Bumdes menjadi lembaga unggul.

Baca Juga : klik disini  "Jumat Berkah" Satlantas Polresta Pasuruan Gencar Baksos

“Karena memang tahun ini adalah kelembagaan desa menjadi lembaga Bumdes yang unggul,” jelas pria yang digadang-gadang maju menjadi Cabup Pasuruan itu.

Kedepannya, ia berharap program ini tak akan mandek sampai disini. Melainkan terus lanjut memberdayakan masyarakat terutama kaum perempuan.

“Kami harapkan berkesinambungan. Jadi mau masuk 2023 ini, perempuan di desa harus ada nilai tambah. Ini yang menjadi arah pembangunan kami pada tahun kelima,” tukasnya.

Sedangkan Plant Manager PT Cargill Darman Pongmasakkhe, mengakui batik Kepulungan mempunyai kualitas yang baik. Ia bahkan menyebut batik Kepulungan siap diadu dengan batik lainnya.

“Kami berani membawa batik dari sini karena kami tahu kualitas nya memang bagus. Dan ini akan diberikan kepada tamu VIP, baik dari kementerian maupun pimpinan global Cargill. Menurut saya ini kualitas nya bagus dan membanggakan,” bebernya.

Meskipun begitu, pria asli Philipina ini memberikan catatan tersendiri. Yaitu peningkatan kuantitas produksi. Ia menyebut produksi perlu diperbanyak dan dipercepat.

“Mungkin yang perlu ditingkatkan adalah kuantitasnya. Kalau kualitasnya sudah bagus. Tinggal bagaimana kemampuan produksinya yang lebih ditingkatkan lagi,” paparnya.

Baca Juga : klik disini  Hari Ini, AJPB Berangkatkan Bantuan ke Lumajang

Sementara itu salah satu pembuat batik, Pipit Candra, mengaku bangga dengan kehadiran Wabup Pasuruan. Menurut perempuan berusia 54 tahun itu, hadirnya Wabup membuat semangat emak-emak makin berlipat.

“Bangga ya. Kami tersanjung, karena orang nomor dua di Kabupaten bisa mengunjungi galeri kita. Dengan hadirnya beliau jadi menambah semangat kami,” tutupnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!