Lumbung Berita
NEWS TICKER

Kunjungi Madiun, Ki Bagong Minta Pemerintah Dongkrak Kesenian Dongkrek

Minggu, 15 Januari 2023 | 1:57 pm
Reporter: Indra
Posted by: Redaksi

Madiun_Lumbung-berita.com
Perkembangan kesenian Dongkrek yang makin pesat membuat Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim mengapresiasi kesenian asli Madiun ini.

Bersama Tribroto Wibisono Pakar Tari Jawa Timur, Yuli Wiyantini dari Tulungagung dan beberapa seniman dari Pasuruan, FPK hadir di Sanggar Dongkrek Condro Budoyo di Caruban Madiun, Minggu (15/1/2023).

Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto, mengatakan kedatangan pihaknya untuk mengapresiasi seniman Dongkrek sekaligus meminta pemda lebih mendongkrak kesenian tersebut.

“Kesenian ini semakin berkembang ketika disentuh tangan dingin Tri Sakti Hendriyanto, sang seniman Dongkrek,” jelasnya.

Budayawan berpanggilan akrab Ki Bagong ini menjelaskan, kelompok Dongkrek Condro Budoyo acapkali mengirim anggotanya untuk pentas ke beberapa daerah. Mulai kota tetangga hingga Istana Merdeka.

“Kami sangat meminta kepada pemerintah untuk mendukung langkah seniman Dongkrek. Karena semua kegiatan Dongkrek Condro Budoyo itu dibiayai dari kantong pribadi, sangat minim dukungan dari pemerintah,” tuturnya.

Ki Bagong mengakui, pengorbanan Andri, sapaan akrab Tri Sakti Hendriyanto, begitu besar. Selain keluar biaya sendiri, Andri juga beberapa kali menghibahkan alat Dongkrek.

Baca Juga : klik disini 👇  Digitalic: SEO yang Baik Harus Berdampak Bagi Bisnis

“Mas Andri ini tidak segan-segan menghibahkan alat Dongkrek kepada lembaga seni budaya di Jatim. Seperti Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya dan Dewan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan (DKKP),” jelasnya.

Sementara itu, Andri mengatakan jika apa yang dilakukan ini murni sebuah perjuangan seniman mempertahankan budaya yang merupakan jati diri bangsa.

Bahkan tidak hanya memberi hibah kepada sesama seniman, Andri juga memberikan beberapa karyanya yang berupa ukir kayu kepada keluarga Presiden RI Joko Widodo.

“Salah satu karya saya menjadi penghias ornamen di kediaman Bapak Presiden di Solo,” ungkapnya bangga.

Dalam acara silahturahmi budaya ini, FPK memberi Piagam Penghargaan atas perjuangan Andri melestarikan dan mengembangkan Dongkrek. Sebaliknya, Andri memberi cinderamata berupa ”Korek” salah satu instrumen dalam kesenian Dongkrek.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!