Lumbung Berita
NEWS TICKER

Kunker Dinas Kelautan dan Provinsi Jatim Sambangi Komunitas “Pak Legimin” di Purwodadi

Kamis, 9 Juni 2022 | 1:30 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

 

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui Subkoor Pengelola Kesehatan Ikan, Sa’adah Mukadar, A.Pi, MT, bersama timnya melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Dusun Parelegi Desa Purwodadi Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Rabu (08/06/2022).

Kunker Dinas Perikanan di dampingi Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, bertujuan survey lokasi termasuk memberikan bantuan ikan lokal kepada komunitas “Pak Legimin” yang beranggotakan warga Dusun Parelegi Desa Purwodadi.

dalam Kunker Sa’adah mengatakan bahwa, aliran kali (sungai) yang ada di Dusun Parelegi sangat melimpah dan berpotensi sebagai wisata desa.

“Aliran air kali pak Legimin ini sangat bagus ya, alangkah baiknya berkolaborasi dengan disparta Kabupaten Pasuruan, selain sebagai wisata desa sekaligus untuk pengembangbiakkan ikan lokal dengan program tebar ikan lokal dari kami dinas perikanan Provinsi Jawa timur,” kata Sa’adah.

Ia menjelaskan, Dinas Perikanan Provinsi Jawa Timur akan memberikan bantuan ikan lokal yang ramah lingkungan sebanyak 50 ribu ikan, yang akan di serahkan pada 4 Juli mendatang.

“Untuk bantuan ikan lokal dari dinas perikanan Provinsi Jawa Timur sebanyak 50 ribu, ini akan kami serahkan pada 4 Juli mendatang,” jelasnya.

Baca Juga : klik disini  Harga Bulu Angsa "Mencekik" Pengrajin Shutlecock Menjerit

Sa’adah berharap, dengan memberikan bantuan ikan lokal tersebut nantinya masyarakat bisa mengonsumsi ikan, agar bisa mendapat nutrisi lebih dari ikan tersebut terutama terhadap anak usia balita dan sekolah, karena dengan mengkonsumsi ikan akan baik buat otak anak usia belajar.

“Ikan bisa di konsumsi masyarakat banyak untuk mencukupi nutrisi buat anak usia balita dan anak sekolah, sehingga otak dari anak kita benar-benar tercukupi dengan mengkonsumsi ikan,” ujar Sa’adah.

Sementara itu Febriana Nur Indah S, S.Pi, penyuluh Perikanan Kementrian mengatakan siap mendampingi dan akan memberikan penyuluhan terhadap anggota komunitas Pak Legimin, di Dusun Parelegi Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan.

“Kami sebagai penyuluh perikanan kementrian siap untuk memberikan penyuluhan kepada anggota komunitas pak legimin, cara budidaya ikan serta pembesaran ikan yang baik dan benar, supaya hasilnya bisa sebagai sampingan penghasilan buat warga,” ungkap Febri.

Febri pun mempersilahkan warga untuk tidak sungkan minta pendampingan dalam budidaya ikan lokal, juga minta arahan jika di butuhkan tim siap memberikan arahan dan penyuluhan untuk warga.

Baca Juga : klik disini  Kapolres Pasuruan Tinjau Langsung Pengamanan Tahun Baru

“Warga jangan sungkan untuk meminta petunjuk dan arahan dari tim penyuluh, agar cara budidaya dan pembesaran ikan yang benar supaya hasilnya bisa sesuai dengan harapan,” tegas Febri.

Mulyono, S.P.d, Kepala Desa Purwodadi menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan, terutama menjaga aliran kali dengan tidak membuang sampah di kali.

“Untuk warga masyarakat yang ada di Desa Parelegi mari kita jaga bersama kebersihan air yang ada di saluran kali, agar tidak membuang sampah di kali, sebab bisa membuat air tidak sehat dan menjadi kotor sehingga ikan yang sudah di tebar akan berdampak tidak sehat,” urai Kades Purwodadi.

Saat di tanya sampah kenapa banyak dari atas, yang di ketahui juga ada tetangga desa di wilayah Kecamatan Purwodadi, Mulyono akan berkoordinasi kepada Kepala Desa tetangga untuk menghimbau warganya untuk tidak membuang sampah di aliran kali tersebut.

“Dalam waktu dekat saya akan berkoordinasi kepada Kepala Desa agar warganya untuk tidak membuang sampah di kali, sehingga kita sama-sama menjaga lingkungan, karena sehat lingkungan sangat di utamakan,” pungkas Mulyono.

Baca Juga : klik disini  Sukses..! IWO Malang Raya Gelar Donation Day And Charity Fun 2020

Jurnalis : Lum-Yon.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!