Lumbung Berita
NEWS TICKER

Kupas Budaya, Lembaga Adat Desa Gelar Cangkrukan

Rabu, 29 November 2023 | 1:13 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Mojokerto_Lumbung-Berita.com
Lembaga Adat Desa Padepokan Tunggak Semi Majapahit menggelar cangkrukan budaya di Balai Desa Bandarasri, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Selasa (28/11/2023).

Cangkrukan ini untuk mengedukasi masyarakat tentang pemahaman budaya, termasuk mengupas 11 Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) sesuai dengan Undang-undang Pemajuan Kebudayaan.

“Untuk lebih memahamkan masyarakat, bahwa budaya itu banyak obyeknya dan tak hanya seni,” terang Ketua Lembaga Adat Desa, Derit Endik.

Sebagai pemrakarsa kegiatan, pihaknya sejatinya sudah lama ingin menggelar cangkrukan semacam ini. Sayangnya rencana tersebut tertunda gegara pandemi covid.

Usai gelaran pertama ini, pihaknya akan menggenjot kegiatan serupa. Dia berencana akan menggelar 2 bulan sekali dengan tempat berpindah dari satu desa ke desa lainnya.

“Acara ini tidak berhenti pada malam ini saja, tapi akan ada kesinambungan dengan digelar secara kontinyu,” ungkap Sekretaris Desa Bandarasri ini.

Senada dengan Derit Endrik, Ketua Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim Ki Bagong Sabdo Sinukarto sepakat dengan kelangsungan cangkrukan budaya.

Menurutnya, acara semacam ini bisa ditularkan secara berkesinambungan dengan menyasar desa ke desa. Tujuannya, sebagai sarana edukasi masyarakat tentang peran lembaga adat.

Baca Juga : klik disini 👇  Motor Dinas BPD Nogosari Raib: Oknum Kabur Usai Tarik Biaya PTSL

Edukasi tersebut, ia nilai penting, karena lembaga adat bisa meluruskan pemahaman budaya yang selama ini dipersempit hanya pada seni dan adat istiadat.

“Nah, kerancuan tersebut berimbas pada kesalah kaprahan masyarakat tentang perbedaan antara budaya, adat dan tradisi. Saya bersyukur berkat Lembaga Adat Desa ini, sedikit demi sedikit masyarakat mulai memahami makna dari budaya yang sebenarnya” ujarnya.

Sementara itu, Herry Santoso, budayawan Mojokerto yang turut hadir menyampaikan, cangkrukan ini bisa membuat peta penyebaran aktivitas budaya Mojokerto menyebar.

Pria berdomisili di Trawas ini mengungkapkan perkembangan budaya selama ini identik dengan wilayah Mojokerto barat terutama daerah Trowulan dan sekitarnya.

Kini dengan cangkrukan yang digagas Lembaga Adat Desa, ia yakin Mojokerto wilayah timur bakal berkembang budayanya. Apalagi, Kecamatan Ngoro bersebelahan dengan Pasuruan.

“Kegiatan ini membuat Peta penyebaran kegiatan budaya di Mojokerto semakin berkembang. Tidak hanya di seputar Trowulan, tetapi di wilayah timur yang berbatasan dengan Pasuruan semakin menjamur aktivitas budayanya,” tutup budayawan yang juga penari Remo ini.

Baca Juga : klik disini 👇  Jaring Aspirasi, Setda Kabupaten Pasuruan Gelar Forum Konsultasi Publik

Jurnalis: Adi

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!