Lumbung Berita
NEWS TICKER

Lantik Perangkat Desa, Kades Ngerong Sampaikan Pesan Ini

Rabu, 15 Maret 2023 | 8:07 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Usai menjalani serangkaian tes, Kaur Tata Usaha dan Umum, dan Kawil Dusun (Kasun) Putat Desa Ngerong akhirnya dilantik. Pelantikan digelar di Balai Desa Ngerong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Rabu (15/3/2023).

Pelantikan ini sekaligus menjadi momen berharga bagi Kades Ngerong, Jemik Sadiman, memberikan pesan-pesan bagi aparatur desa yang baru.

Selama lebih kurang setengah jam, pria dengan sapaan akrab Jemik ini menyampaikan petuah dengan bahasa santai, guyon, tetapi tetap serius.

Terkhusus kepada kasun, Jemik mengingatkan untuk memiliki sikap sabar yang luar biasa. Kasun, sebutnya, layaknya kades. Memikul tugas berat, karena langsung bersinggungan dengan masyarakat.

Segala tugas kasun yang diselesaikan dengan baik, acapkali dinilai wajar oleh masyarakat. Sebaliknya, ketidakmampuan mengemban tugas, akan langsung divonis buruk dan menjadi bulan-bulanan masyarakat.

“Kasun dan kades itu hampir sama. Kadang dinilai tak ada baiknya. Kalau (kerjanya) baik, katanya lumrah. Tapi kalau jelek, langsung dijelek-jelekan. Makanya Kasun harus memiliki kesabaran yang luar biasa,” tuturnya.

Selain itu, Kades tiga periode ini juga meminta kepada kasun untuk sering-sering berkoordinasi dengan dirinya. Pasalnya, beberapa aturan desa mengalami perubahan.

Baca Juga : klik disini 👇  Kapolres Pasuruan Kunjungi Kolam Renang Telogosewu Pandaan Pasca Lebaran

“Contohnya menyewakan lahan ganjaran. Aturan sekarang berbeda dengan yang dulu-dulu. Jadi, biar tidak salah langkah, harus sering berkoordinasi dengan kami,” ungkapnya.

Sedangkan untuk perangkat desa lainnya, Jemik berpesan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Caranya dengan mendahulukan tugas dan kewajiban daripada hak.

“Tanggungjawab harus seimbang. Laksanakan kewajiban, jangan hanya haknya yang dikejar. Kalau ada tunjangan agak telat, sabar. Jangan gampang unjuk rasa. Pemerintah pasti tak akan tinggal diam,” pesannya.

Setali tiga uang dengan Jemik, Camat Gempol, Komari juga mengingatkan untuk menjaga sikap dan tindak tanduk selama menjabat sebagai aparatur desa.

Masyarakat, lanjutnya, kini punya pemikiran yang kritis. Setiap tindakan aparatur desa akan menjadi perhatian dan omongan masyarakat. Tak hanya si pejabat saja, melainkan keluarganya tentu tak luput dari perbincangan masyarakat.

“Mau tak mau, sadar tak sadar, Saudara sudah jadi tokoh masyarakat, jadi contoh masyarakat. Tak hanya Saudara, tapi juga istri dan keluarganya. Jadi, tolong dijaga dengan baik perilaku dan tindak tanduknya,” terangnya.

Baca Juga : klik disini 👇  Kapolres Pasuruan Kunjungi Kolam Renang Telogosewu Pandaan Pasca Lebaran

Sepengamatan Lumbung Berita, pelantikan yang dihadiri Forkopimcam Gempol ini melibatkan lima jabatan aparatur desa.

Dua diantaranya merupakan pejabat baru. Yakni Kaur Tata Usaha dan Umum, Idris Kurniawan, dan Kasun Putat, Imam Ghozali.

Sedangkan tiga lainnya reposisi. Yaitu Kepala Seksi Pelayanan, Kepala Seksi Kesejahteraan, dan Kawil Dusun Pucang.

“Kalau ada informasi apapun, sampaikan ke kades. Koordinasikan dengan kades. Jangan ambil keputusan sendiri, harus satu komando,” tutup Komari.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!