Lumbung Berita
NEWS TICKER

Launching “Program Pendampingan Lansia” Pertama di Kota Malang

Minggu, 7 Maret 2021 | 10:32 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Malang_Lumbung-berita.com
Launching “Pendampingan Program Lansia” dihadiri Wakil Walikota Malang, Ir.H. Sofyan Edi Jarwoko dan anggota DPRD Kota Malang, Suryadi, di Kelurahan Bakalan Krajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Minggu (07/03/2021) pukul 08:00 Wib.

Pendampingan Program Lansia berbasis Digital dan WEB (AgeCar) juga dihadiri Lurah Bakalan Krajan, Ketua panitia Kelurahan Bakalan Krajan.

Kepada Lumbung-berita.com ketua panitia, Ida, menyampaikan kalau ini program bersifat sosial, dan sangat diterima baik oleh pemerintah Kelurahan setempat.

“Banyak sisi positif yang bisa di dapat untuk para Lansia di desa ini. Karena program ini memang dikhususkan Lansia yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan Lansia,” Kata ketua panitia.

Program untuk mempermudah akses dalam pelayanan kesehatan Lansia, terutama kesehatan dasar. Dengan steikcholder yang ada diharapkan kemitraan yang berjalan 1 tahun kedepan ini, tidak hanya berhenti sampai disini saja dan harus berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Malang mengatakan kalau selama ini pelayanan hanya dilakukan secara manual. Namun, dengan adanya program Lansia Berbasis Digital dan WEB (AgeCar) bisa melibatkan potensi masyarakat desa, serta kader-kader Kelurahan Siaga Bakalan Krajan yang sudah dibekali alat tensi.

Baca Juga : klik disini  Ketua Forum Pamong Kebudayaan Jatim Mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2021)

“Alat tensi yaitu pengukur gula darah dan kolesterol, maka pelayanan Lansia menjadi mudah dan terpantau,” Ujar Wakil Walikota Malang.

Menurutnya, perkembangan tekhnologi memudahkan pemantauan kesehatan Lansia. 12 indikator tubuh lainnya seperti pendengaran dan penglihatan.

“Rata rata disini banyak Lansia yang penglihatannya terganggu tapi pendengarannya cukup bagus. Tingkat Lansia dengan Hipertensi di Kelurahan Bakalan Krajan terbilang cukup tinggi yaitu mencapai angka 71%,” Tambahnya.

Pemerintah Kota Malang berharap agar desa dan Kelurahan di Kota Malang mengikuti dan melaksanakan program yang sama, dengan mengajak Perangkat daerah, antara lain, Bapeda, Dinsos, Dinkes dan Kominfo.

Sementara itu anggota DPRD Kota Malang, Suryadi, mengatakan kalau program ini sangat bagus untuk kebaikan bersama.

Agar kesehatan para Lansia di kota Malang bisa terdeteksi dan hidup mereka semakin baik, dan Kota Malang menjadi Kota ramah Lansia,” Ungkapnya.

Kesehatan memang diutamakan di masa pandemi yang tak kunjung menghilang, terutama kesehatan Lansia yang rentan terkena berbagai macam penyakit. Maka program sosial yang baru ini bisa menjadi contoh dan lahirnya banyak kegiatan-kegiatan sosial masyarakat lainnya.

Baca Juga : klik disini  Anggota Dewan: H.Ruslan Sambut Baik Usulan Warga Terkait Pemberdayaan UMKM.

Jurnalis : Herlin.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!