Lumbung Berita
NEWS TICKER

Lestarikan Seni Pecutan, FPK Sidoarjo Gelar Parade dan Pelatihan

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 11:29 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Sidoarjo_Lumbung-berita.com
Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Sidoarjo menggelar Parade Pecut sekaligus pelatihan seni Pecutan di pelataran kantor Dewan Kesenian Daerah (Dekesda) Sidoarjo, Sabtu (21/10/2023).

Acara yang dihadiri oleh Dinas Pendidikan & Kebudayaan Sidoarjo dan perwakilan Kemendikbud RI ini bertujuan menjaga kelestarian Seni Pecutan.

Yudha Adi Candra, pengurus FPK Sidoarjo menjelaskan acara ini diikuti oleh 20 pemecut, 10 Bantengan dan beberapa karakter hewan.

Setelah Parade, para undangan yang hadir mendapat tutorial dan pelatihan memecut untuk menghasilkan bunyi yang menggelegar. Selain itu juga ada pelatihan Suguh Bantengan, Kiprah Bantengan, Kewan Alas dan Banteng Kalap.

“Selain mengenalkan seni pecut dan Bantengan kepada masyarakat, kami juga ingin lebih banyak yang bisa memainkan pecut,” ujar ketua paguyuban Pecut Samandiman Sidoarjo ini.

Sementara itu, Asri Loly ketua FPK Sidoarjo mengatakan jika acara ini salah satu bentuk kolaborasi antara FPK, Dekesda dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo.

“Ini adalah bentuk sinergitas kami dengan lembaga kebudayaan lain dan pemerintah,” ujar mantan Yuk Suroboyo ini.

Baca Juga : klik disini 👇  Lika-Liku Sampah di Randupitu (1): Dari Pempes Terwujudlah Penghargaan

Dihubungi terpisah, Ki Bagong Sabdo Sinukarto, ketua FPK Jatim sangat mengapresiasi dengan kegiatan FPK Sidoarjo.

Lebih lanjut dikatakan, sudah saatnya sesama seniman, sesama lembaga kebudayaan dan pemerintah itu berselaras, bersanding bukan malah bertanding.

“Bagus itu, saya juga berharap FPK di daerah lain juga berselaras dengan Dewan Kesenian atau Kebudayaan setempat lembaga seni budaya lainnya,” pujinya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!