Lumbung Berita
NEWS TICKER

Lima Dosen Unesa Berikan Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Non Alkohol

Rabu, 8 Desember 2021 | 3:35 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

 

Gresik_Lumbung-berita.com
Hand sanitizer di masa pandemi sekarang seakan menjadi barang bawaan wajib. Atas dasar itu lah lima dosen Unesa memberikan pelatihan pembuatan hand sanitizer non alkohol bagi masyarakat di wilayah Driyorejo, Gresik.

Sosialisasi tersebut dilakuakan secara daring via webinar selama dua hari, 4-5 November 2021. Lima dosen jurusan kimia tersebut adalah Dina Kartika Maharani, Nita Kusumawati, Pirim Setiarso, I Gusti Made Sanjaya, Samik, dan Maria Monica S.B.W.

Dalam pelatihan itu, pemateri menjelaskan bahwa hand sanitizer yang murah dan ramah lingkungan bisa dibuat dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar tempat tinggal.

Hari pertama pelaksanaan webinar materi berpusat pada pembuatan handsanitizer berbahan daun kemangi dan sirih. Menurut pemateri, Dina Kartika Maharani, sirih dan kemangi memiliki kemampuan yang tinggi untuk untuk menghambat pertumbuhan bakteri mikroorganisme.

“Penggunaan hand sanitizer berbahan alami akan mengurangi dampak iritasi pada tangan yang sering terjadi pada penggunaan hand sanitizer alkohol,” jelasnya, Senin (22/11/2021).

Pada hari kedua materi beralih ke pembuatan handsanitizer gel dan spray alkohol. Para peserta yang terdiri dari warga Perum Graha Mutiara Indah, Perum Griya Kencana , dan Kota Baru Driyorejo diberikan materi berupa video pembuatan yang dilakukan oleh panitia.

Baca Juga : klik disini  100 Bingkisan Barokah Romadhon dibagikan ke Warga Blandongan-Sidoluhur

Setelah materi diberikan peserta diberi kesempatan mempraktikan pembuatan hand sanitizer di rumah. Para peserta dikirimkan satu paket bahan yang telah disiapkan oleh panitia. Nantinya, peserta diharuskan mengirimkan video pembuatan sebagai feed back pelatihan.

Jurnalis: Lum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!