Lumbung Berita
NEWS TICKER

LSM-GMBI Angkat Bicara soal Petani Wonorejo Keluhkan Pipa Perusahaan

Kamis, 29 Juli 2021 | 11:21 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

 

Pasuruan_Lumbung-berita.com

Petani di Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan, tepatnya penghubung dua desa yakni Desa Sambisirah dan Desa Pakijangan, resah adanya dugaan saluran pipa pembuangan limbah milik PT. Satoria Aneka Industri.

Perusahaan yang beralamatkan jalan Raya Kejayaan-Purwosari Km 16, diduga kuat tabrak serta salahi aturan, dikarenakan pipa menuju sungai besar.

Diduga pipa tidak dipendam dalam tanah dan hanya sebatas dipasang dibibir sungai kecil, yang menutup sebagian besar median sungai yang sehari-hari dipergunakan petani.

Kepada awak media, para petani menyampaikan kalau sepanjang saluran irigasi yang mengaliri sawah, baik petani jagung maupun petani padi yaitu adanya pipa dari PT. Satoria Aneka Industri.

“Saat pengerjaan pertama kali bilangnya ke petani pipa itu akan di tanam di bawah saluran air atau irigasi. Namun kenyataannya, pipa tersebut hanya di taruh di saluran irigasi dan saat turun hujan, air meluber ke mana-mana dan tanaman kami otomatis rusak,” Kata petani.

Kami merugi, karena jagung dan padi kami rusak bila di terjang air,” Keluh petani.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Pakijangan, Ferdy, saat dikonfirmasi pada Rabu 28 Juli 2021 menyampaikan bahwa, pemasangan pipa di sepanjang saluran sungai yang menghubungkan dua desa saat dirinya belum menjabat sebagai Kades Pakijangan.

“Beberapa petani sempat mengeluh serta melaporkan ke pihak desa terkait pipa tersebut, kami selaku Pemdes sudah pernah mendatangi perusahaan, dan pihak perusahaan berjanji akan segera melakukan perbaikan yaitu dilakukan penanaman pada tahun ini,” Ujar Ferdy.

Lain halnya dengan PT. Satoria Aneka Industri saat dikonfirmasi awak media terkait keluhan petani, pihak perusahaan enggan menerima dan hanya menyampaikan melalui security untuk membuat surat terlebih dahulu.pipa pabrik

“Mohon maaf HRD perusahaan kami tidak dapat menerima atau menemui awak media, mohon untuk membuat surat terlebih dahulu biar manajemen mengagendakan untuk pertemuannya,” Ucap Security.

Dengan adanya keluhan petani soal pipa pembuangan diduga limbah milik PT. Satoria Aneka Industri, membuat perwakilan LSM-GMBI, Patriadhi angkat bicara.

“Harusnya, sebelum perusahaan berdiri terlebih dahulu mempersiapkan keperluan perusahaan, khususnya soal limbah dan salurannya,” Jelas sapaan Adi, Kamis (29/07/21).

Menurutnya, tim surve soal limbah perusahaan harusnya ikut bertanggung jawab soal penataan pipa dan limbahnya.

“Semoga dinas terkait bisa merespon keluhan petani dan segera ambil tindakan. Kasian bapak petani,” Tutup pria berpostur tinggi kurus ini.

Perlu diketahui, pipanisasi pembungan limbah industri itu sendiri diketahui mengikuti aliran sungai kecil, yang banyak digunakan petani setempat untuk keperluan bertani mereka.

Akan tetapi, yang patut disayangkan serta diduga menabrak aturan karena pada saat musim hujan, pipa tersebut banyak dikeluhkan petani lantaran air sungai meluber ke lahan mereka. Karena lebar sungai berkurang akibat adanya pipa tersebut.

 

Jurnalis : Lum-Por

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!