Lumbung Berita
NEWS TICKER

Menanggulangi Longsor, Sugiarto dan BPBD juga RAPI Berikan Terpal di Kecamatan Tutur

Sabtu, 9 Januari 2021 | 1:00 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Menanggapi ambrolnya Tembok Penahan Tanah (TPT) yang mengakibatkan longsor di Dusun Basuki Krajan, Desa Andonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, mendapat perhatian khusus dari anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, Sugiarto.

Diperkirakan ketinggian sekitar 35 meter dan lebar 10 meter yang menyisahkan jarak dari pemukiman penduduk kurang lebih 5 meter.

Sugiarto atau biasa disapa Sugik bersama relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), dan perwakilan Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan penanggulangan pertama dilokasi longsor.

Penanggulangan pertama yaitu dengan memberikan terpal plastik untuk menghindari longsor susulan, demi menjaga keamanan dari guyuran hujan yang saat ini intensitasnya sangat tinggi, Jumat (08/01/21).

Menurut anggota dari Fraksi Golkar, Sugiarto menjelaskan untuk antisipasi sementara TPT kami tutup menggunakan 20 terpal.

“Tujuannya bila terjadi hujan, air tidak meresap ke bagian tebing yang kemarin longsor, sehingga tidak terjadi longsor susulan. Selain menutup bagian tebing rawan longsor,” Jelas Sugik.

Masih menurut pria yang berdomisili di Kecamatan Purwodadi, menghimbau pada masyarakat yang berdampingan dengan TPT yang longsor agar terus waspada, dan antisipasi kemungkinan terburuk hingga tak sampai memakan korban jiwa.

Baca Juga : klik disini  PDIP Kabupaten Pasuruan Gelar Musancab dan Siap Menangkan Pemilu

“Alhamdulillah warga menyambut baik dan melakukan pengamanan lokasi dengan memberikan tanda bahaya, bagi masyarakat yang hendak melintas di area tersebut,” Ucapnya.

Selain itu juga, dikatakan Sugik, warga juga memasang terpal secara bersama Forkopimka Kecamatan Tutur, guna mengurangi resiko longsor susulan.

“Pemasangan terpal dengan kerjasama/Kerja bakti antara lain, relawan RAPI, BPBD, TNI dan Polri serta Perangkat Desa Andonosari juga masyarakat sekitar,” Tutup Sugiarto.

Jurnalis : Yudha.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!