Lumbung Berita
NEWS TICKER

Meriah! Ancak Durian Ramaikan Sedekah Bumi di Lumbang

Kamis, 24 Februari 2022 | 11:58 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Meriah. Mungkin kata itu yang tepat disematkan pada pagelaran sedekah bumi di Desa/Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, Kamis (24/02/2022).

Pasalnya, hajatan dua tahun sekali itu menghadirkan reog Singo Mudo Budoyo dengan hiburan kesenian tradisional Tayub.

Tentu yang paling ditunggu-tunggu adalah ancaknya. Selain ancak berisi jajanan dan makanan, ancak yang paling menarik perhatian adalah ancak durian. Informasinya, pagelaran hari ini menyiapkan ratusan durian.

Wajar saja, karena Lumbang terkenal dengan duriannya. Sedekah bumi ini juga sebagai wujud syukur melimpahnya panen durian di Lumbang.

“Sedekah bumi ini juga ungkapan syukur kami karena durian di tempat kami melimpah. Mudah-mudahan di tahun-tahun depan hasil panen kami tetap tinggi,” ujar Kepala Desa Lumbang, Sukarsih.

Sedekah Bumi ini pun mendapat apresiasi dan dukungan dari Ketua Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto.

Menurut pria yang akrab disapa Ki Bagong itu, Sedekah Bumi merupakan bagian dari Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) Adat Istiadat

“Segala hal berkaitan tentang OPK, kami akan selalu mendukung. Seperti kali ini di Lumbang, ini bagian dari OPK Adat Istiadat. Jadi FPK akan siap membantu dan mendukung,” ulasnya.

Baca Juga : klik disini 👇  Produksi Sabu Dipastikan di Ketanireng Prigen, Begini Kronologi Pengungkapannya

Bahkan acara budaya ini, lanjut Ki Bagong, juga bisa mengontrol ekonomi rakyat dengan banyaknya pedagang di seputar lokasi kegiatan.

“Selain sebagai sarana pelestarian Budaya, acara ini bisa mengangkat perekonomian rakyat dengan banyaknya pedagang kecil yang berjualan,” tukasnya.

Dalam acara tersebut, FPK juga ikut meramaikan Sedekah Bumi dengan membagikan ratusan masker kepada para pengunjung dan seluruh warga yang hadir.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!