Lumbung Berita
NEWS TICKER

Meriah, Sedekah Bumi dan Ruwat Petirtaan Candi Belahan Dipadati Warga

Minggu, 9 Juli 2023 | 1:44 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Candi Belahan Sumber Tetek di Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, mendadak ramai dan meriah.

Penyebabnya, Pemdes Wonosunyo menggelar sedekah bumi Dusun Belahan Jowo dan ruwat petirtaan Candi Belahan Sumber Tetek, Minggu (9/7/2023).

Pantauan Lumbung Berita di lokasi, mulai pagi warga dan pengunjung seolah tumplek blek di area Candi Belahan. Mereka menantikan acara puncak dari sedekah bumi dan ruwat petirtaan.

Sebagai informasi, acara hari ini merupakan satu rangkaian dengan kegiatan “Napak Tilas Kerajaan Kahuripan” yang digelar mulai kemarin (8/7).

Pengunjung sendiri dimanjakan dengan berbagai sajian kesenian. Dari parade ancak, ruwat petirtaan, tari, hingga dipersilakan ikut berebut isi ancak.

Kades Wonosunyo, Saleh menjelaskan sedekah bumi ini melambangkan wujud syukur kepada Sang Pencipta atas keselamatan dan kesejahteraan selama setahun terakhir.

Selain itu, lanjutnya, sedekah bumi ini juga sebagai upaya pelestarian Candi Belahan dan kepedulian terhadap sumber air di Sumber Tetek.

“Tujuannya biar warganya selamat, mencari nafkah gampang, dan mendapat keberkahan. Juga masyarakat bisa menikmati bangunan cagar budaya yang ada di Sumber Tetek ini,” jelasnya.

Baca Juga : klik disini 👇  Sidang ke Delapan Soal Sertifikat, ini Kata Kuasa Hukum Tergugat..!!

Saleh menerangkan, masing -masing RT mengeluarkan satu ancak. Ancak-ancak ini, kemudian dikirab dari rumah Kasun Belahan Jowo menuju Sumber Tetek.

Setelah ruwat petirtaan rampung, pengunjung dipersilakan mengambil isi ancak. Hanya dalam hitungan detik, ancak yang berisi lauk, makanan ringan, dan berbagai jenis kain itu ludes diserbu pengunjung.

Saleh mengakui, setiap gelaran sedekah bumi, selalu dipadati pengunjung. Ia berharap kedepannya, sedekah bumi bisa menjadi salah satu agenda wisata.

Sebelumnya, di tempat yang sama, Pemdes Wonosunyo sukses mengadakan Festival Candi Belahan 2023 pada 27-28 Mei 2023.

“Tentu saya berharap sedekah bumi ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke desa kami,” tandas pria yang gemar memakai kacamata hitam tersebut.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Dispendikbud Kabupaten Pasuruan, Ustadi berharap Candi Belahan Sumber Tetek makin lama makin meriah.

Ia mengapresiasi kerja keras dari panitia dan Pemdes Wonosunyo yang telah mengemas acara ini dengan apik.

Pejabat yang sebentar lagi purna tugas itu berpesan untuk memanfaatkan dunia digital sebagai sarana promosi wisata Sumber Tetek.

Baca Juga : klik disini 👇  RSUD Bangil Launching Layanan Baru "Holistic"

“Saya yakin Sumber Tetek ini akan makin melambung popularitasnya. Tinggal nanti acara seperti ini sering-sering diunggah di media sosial agar makin cepat diketahui masyarakat,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!