Lumbung Berita
NEWS TICKER

Minimalkan Pekat, Polsek Purwosari Tinjau Rumah Indekos

Kamis, 16 November 2023 | 8:03 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Sebulan menjelang Nataru 2024, Polsek Purwosari gencar meminimalkan penyakit masyarakat (pekat). Pagi ini (16/11/2023), bersama personel Koramil dan Satpol PP, Polsek Purwosari mendatangi rumah Indekos.

Yang disasar adalah rumah indekos di Dusun Kemantren, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Tercatat, Tim mendatangi 13 titik untuk memberikan imbauan dan penertiban.

“Kami lakukan secara humanis, dengan cara memberi imbauan. Terutama terkait larangan prostitusi, premanisme, miras, dan narkoba,” terang Kapolsek Purwosari, AKP Hudi Suprayitno.

Selama di lokasi, Tim berkeliling secara door to door. Selain menertibkan terkait pekat, Polisi juga mengingatkan pemilik indekos untuk tertib administrasi. Tiap penghuni indekos, wajib dimintai kartu identitas.

“Jadi, konsumen wajib membawa identitas yang jelas dan asli. Gunanya untuk mencegah pelaku kriminalitas dan terorisme,” jelas pria yang akrab disapa Hudi tersebut.

Dari informasi yang berhasil polisi himpun, penghuni indekos tak jarang hanya bermalam beberapa hari saja. Bahkan ada yang hanya setengah hari. Pemilik kos meresponnya dengan mengubah aturan dari kos bulanan menjadi harian.

Baca Juga : klik disini šŸ‘‡  Cegah Kekerasan dan Pelecehan Anak lewat Pendidikan Seks Sejak Dini

“Untuk yang kos setengah hari pemilik kos tidak melaporkan kepada RT setempat. Namun, untuk yang kos sehari atau lebih maka pemilik kos melaporkan kepada RT setempat sebagai pelaksanaan program wajib lapor 1X24 jam,” papar Hudi.

Selain memberi imbauan, Perwira Pertama dengan pangkat tiga balok di pundak ini juga mengacungi jempol kepada beberapa pemilik kos. Pasalnya, beberapa rumah indekos sudah dilengkapi dengan CCTV untuk menambah keamanan.

“Beberapa pemilik kos harian sudah memasang CCTV di teras dan lorong-lorong kamar guna meminimalisir terjadinya tindak asusila maupun dugaan prostitusi,” ungkapnya.

Catatan lain kepolisian adalah aktivitas rumah kos harian tersebut ternyata juga menunjang perekonomian lainnya. Bentuknya bisa jasa penitipan kendaraan dan warung-warung makanan di sekitar lokasi.

Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) di wilayah Hukum Purwosari, berlangsung secara lancar dan tertib.

Jurnalis : Lum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITAĀ 
error: Content is protected !!