Lumbung Berita
NEWS TICKER

“Ndablek” PT. Satoria di Demo Warga

Rabu, 18 Oktober 2023 | 7:34 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

 

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Kecamatan warga Kejayan terbukti. Kali ini Rabu (18/10/2023) pukul 08:30 Wib warga beberapa desa ini melakukan aksi demo terkait limbah PT. Satoria yang berada di Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan.

Sebelum orasi, pendemo berkumpul di lapangan Desa Sambisirah. Sembari yel-yel pendemo berangkat menuju PT. Satoria.

Berbagai banner dengan tulisan di bentangkan pendemo, salah satunya bertuliskan “Erungku Kesumpet Taek dan Tutup Saluran air limbah ke sungai titik”.

YS (35th) salah satu warga menyampaikan kalau demo ini gara-gara perusahaan menyepelekan warga, dengan membuang limbah perusahaan mereka ke sungai.

” Ndablek (nakal) perusahaan ini. Harusnya perusahaan punya tempat mengelolah limbah sendiri, jangan di buang ke sungai. Baunya busuk kayak bangkai limbahnya,” ungkap YS.

Selain itu, tambah pria berambut cepak ini, gaji karyawan tergolong murah di PT. Satoria sini. “Apa UMR/UMK ikut Kabuoaten /Kota lain ya..?,” tambah pria berpostur tinggi kurus.

Anehnya, jelas YS, setiap perusahaan ini bermasalah, ujung-ujungnya HRD perusahaan di ganti dengan HRD baru.

Baca Juga : klik disini 👇  Duo Ainul asal Wonorejo Kompak, Edarkan Sabu dan Dibekuk Polisi

“Ada apa dengan perusahaan ini.?,” tanyanya.

Usai orasi, beberpa perwakilan pendemo di ajak mediasi di dalam perusahaan PT. Satoria. Sayangnya, mediasi tidak ada titik temu karena sang pimpinan tidak ada alias di Jakarta.

“Kami di temui staff perusahaan dan mereka tidak berani mengambil keputusan, di karenakan pimpinan PT. Satoria tidak ada alias di jakarta. Kami tunggu 5 hari kedepan, jika jangka waktu itu tidak terealisasi permintaan kami ya lihat saja nanti,” kata perwakilan pendemo.

Tuntutan warga dalam demo antara lain:
“Menutup pipa pembuangan limbah ke aliran sungai dan perusahaan harus bertanggung jawab atas kejadian bertahun-tahun ini”.

Sekedar diketahui. Demo kali ini dilakukan warga Kecamatan Kejayan dari beberapa desa, antara lain, Wrati, Pacarkeling, Kebotohan, Pukul, Mulyorejo dan Plinggisan.

Demo tidak terjadi saat ini saja, setiap tahun perusahaan PT. Satoria Wonorejo selalu bermasalah, terutama soal limbah dan karyawan.

Jurnalis : Lu-Hur.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!