Lumbung Berita
NEWS TICKER

Paguyupan Sound System Gempol (PSSG) Ramaikan Pasar BUMDes Karangrejo

Senin, 17 Januari 2022 | 4:04 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com Paguyuban Sound System Gempol (PSSG) yang diketuai Syafii, turut meramaikan perekonomian pasar BUMDes Mega Mendung, Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Senin (17/01/2022).

Pengunjung pasar BUMDes Mega Mendung memadati lokasi dan lebih ramai dari event sebelumnya.

“Pengunjung yang datang sebagian besar warga Desa Karangrejo. Mereka penasaran tentang event saat ini,” terang warga.

Ketua BUMDes Mega Mendung, Arif Priyanto merasa bangga. Pasalnya, partisipasi dari PSSG bisa mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

“Terima kasih atas partisipasi para pendukung kegiatan di Bumdes Mega Mendung,” ucap Arif Priyanto.

Dari pantauan awak media dilokasi acara, terlihat banyaknya stand pasar Bumdes, serta mereka saling mendemokan dagangan dengan dukungan Paguyupan Sound System Gempol (PSSG).

“Kegiatan seperti ini salah satu yang bisa membuat perekonomian di Pasar BUMDes Karangrejo meningkat,” tambah Ketua BUMDes Mega Mendung dilokasi acara.

Dijelaskan Arif Priyanto, berbagai potensi yang dimiliki desa juga masuk dalam cengkeraman para tengkulak.

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Karangrejo, Moch. Jainul, saat ditemui awak media mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung kegiatan di BUMDes Mega Mendung.

Baca Juga : klik disini  Desa Sumbersuko Membagikan BLT DD Tahap Pertama

Ada beberapa cara, kata sapaan Jainul, agar produk lokal desa bisa dijual dengan lebih cepat dan menguntungkan, sekaligus memutus rantai penguasaan para tengkulak.

 

“Membangun pasar Desa adalah salah satu pilihan jitu bagi desa untuk membangun perputaran ekonomi domestik (internal) desa. Makanya, pasar desa menjadi salah satu jenis usaha yang banyak dilakukan Ketua BUMDes,” kata Kades Karangrejo.

 

Menurut Jainul, di pasar desa bukan hanya mempertemukan antara pemilik produk alias produsen pada konsumen atau pembeli secara langsung.

 

Adanya kegiatan seperti saat ini, urai Jainul, para tengkulak yang selama ini menguasai jalur distribusi di pasar Desa Karangrejo, dan yang memproduksi aneka produk bisa memajang produknya serta dapat bertemu langsung dengan para pembeli.

 

“Dengan adanya pasar BUMDes ini, penggerak PKK bisa langsung mengusung produknya ke pasar BUMDes. Pasar yang menjadi tempat berkumpul aneka produk juga bisa membangun semangat mandiri, karena warga bakal lebih memilih produk yang dibuat warganya sendiri dari pada membeli dari luar daerah,” urai Moch Jainul.

Baca Juga : klik disini  FPK Jatim Sesalkan Kerumunan di Ultah Khofifah

 

Pasar BUMDes Karangrejo bakal membuka beragam peluang baru, karena warga memiliki tempat memajang produk yang mereka hasilkan.

 

“Warga Desa Karangrejo tak perlu menempuh perjalanan jauh hanya untuk sekedar belanja sayur dan lainnya,” tutup Kades Karangrejo.

 

Pasar BUMdes bertujuan untuk mengangkat Usaha Kecil Menengah (UKM) bagi warga Karangrejo, agar membantu tambahan dan pendapatan perekonomian warga.

 

“Kedepan kami galakkan lagi kegiatan seperti saat ini, agar UKM bisa meningkat dan warga Karangrejo sejahtera serta makmur sentosa,” pungkas Kades berpostur tinggi besar.

 

Jurnalis : A-Lum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!