Lumbung Berita
NEWS TICKER

PAK LEGIMIN bersama Warga Parelegi Sulap Sungai Penuh Ikan

Jumat, 11 Februari 2022 | 8:42 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Berawal dari rasa peduli lingkungan warga Dusun Parelegi bersama komunitas PAK LEGIMIN (Pecinta Aliran Kali Parelegi Mantab Inovatif) Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan, kemudian menyulap saluran pembuangan air menjadi Kali (Sungai) penuh dengan ribuan ikan tombro.

Penebaran benih ikan sebanyak 6000 ekor dilaksnakan pada Kamis (10/9/2022) oleh Kepala Desa Purwodadi, Mulyono, S.Pd, berlanjut Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan oleh Kabid Penangkapan Ikan Bebas, Muhammad Sola, anak sekolah dasar, warga masyarakat bersama camat, kaplosek, danramil, Kecamatan Purwodadi, Dinas Likungan Hidup (DLH), dan Dinas PU Sumber Daya Air dan Tata Ruang (PUSDA).

Dalam sambutan Kepala Desa Purwodadi mengucapkan terima kasih kepada Dinas PU Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan, yang sudah memberikan bantuan melakukan normalisasi pendangkalan di saluran pembuangan air Dusun Parelegi Desa Purwodadi, juga memberikan ijin untuk pemanfaatan saluran pembuangan air untuk pelihara ikan sistem lepas.

Ia menjelaskan, dampak dari normalisasi berdampak positif terhadap lingkungan dan para petani, karena airnya bersih dari sampah dan tidak dangkal, debit air juga tambah lancar sehingga air menjadi sehat untuk ikan yang sudah ditebar.

Baca Juga : klik disini 👇  Bela Warkop Karaoke, Aktivis Desak Pemkab Pasuruan Terbitkan Perda

“Normalisasi di saluran pembuangan air membawa dampak positif terhadap lingkungan, air menjadi bersih dan tidak mengurangi debit airnya sehingga air menjadi sehat untuk ikan yang sudah di tebar ini,” jelasnya.

Mulyono berharap kepada komunitas PAK LEGIMIN, agar tetap semangat untuk menjaga kebersamaan anggota komunitas dan warga menjaga kebersihan aliran air di Dusun Parelegi ini.

“Semoga dengan ditebarnya bibit ikan semakin kuat kebersamaan antara anggota komunitas dan warga, untuk saling gotong royong menjaga kebersihan saluran pembuangan air ini,” ujarnya.

Sekadar diketahui, dana pembelian bibit ikan, murni dari patungan seiklasnya dari anggota komunitas PAK LEGIMIN bersama warga. Mulai dari 500-1000 rupiah dikumpulkan sampai bisa membeli bibit ikan tersebut.

Sementara itu, Muhammad Sola, Kabid Penangkapan Ikan Bebas mensupport kegiatan komunitas PAK LEGIMIN, yang saat ini memelihara ikan dengan konsep ikan lepas, dan bertujuan menjaga air supaya lancar.

Sola meminta kegiatan ini jangan sampai jadi yang pertama dan terakhir, karena dari dinas perikanan akan ada juga nantinya bantuan ikan dan dengan aturan dari dinas perikanan melalui proposal pengajuan bantuan ikan.

Baca Juga : klik disini 👇  Bela Warkop Karaoke, Aktivis Desak Pemkab Pasuruan Terbitkan Perda

“Saya berharap kegiatan ini jangan jadi yang pertama dan terakhir, tetapi harus terus maju dan dari dinas perikanan mensupprort dengan restoking ikan dengan mengajukan proposal bantuan ikan,” urainya.

Dinas perikanan siap mendukung dan mendampingi komunitas PAK LEGIMIN, dalam memberikan penyuluhan budidaya ikan hingga pembesaran.

“Kami dari dinas perikanan siap mengawal dan memberikan penyuluhan cara budidaya ikan, yang bisa bermanfaat untuk warga dan bisa untuk tambahan ekonomi di Dusun Parelegi ini,” pungkasnya.

Eko Sudarsono selaku penasihat komunitas PAK LEGIMIN sekaligus Ketua RW:09 mengatakan bahwa Dusun Parelegi butuh sentuhan dan perhatian dari dinas terkait di Kabupaten Pasuruan, dengan kegiatan sosial warga, apalagi dusun perbatasan antara Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang.

“Kami sebagai warga Dusun Parelegi yang perbatasan langsung antara Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang ini, dengan kegiatan sosial kami ini berharap dapat diperhatikan oleh dinas terkait,” terangnya singkat.

Jurnalis : Lum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!