Lumbung Berita
NEWS TICKER

Pandemi Mulai Surut, Sedekah Desa di Arjawilangun Kembali Digelar

Jumat, 10 Juni 2022 | 3:48 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Malang_Lumbung-berita.com
Kelonggaran izin kegiatan budaya, usai puncak pandemi, benar-benar dimanfaatkan oleh warga Desa Arjawilangun, Kecamatan Kalipare, Malang.

Selama dua hari (09-10 Juni 2022) di desa ini digelar berbagai macam kegiatan seni dan budaya. Selama dua hari pula antusias warga tak surut.

Kegiatan seni yang digelar antara lain Tayub, Jaranan dan berbagai kesenian lainnya, sedangkan aktivitas budaya meliputi Kirab Pusaka dan ritual di beberapa punden yang ada di desa tersebut.

Ki Purwanto, Tokoh Masyarakat yang juga dalang, kepada wartawan mengatakan jika acara ini murni atas inisiatif warga yang sangat antusias menggelar Sedekah Desa.

”Ini murni inisiatif warga yang selama pandemi tidak bisa menggelar acara kebudayaan” ujarnya di sela-sela acara kirab Pusaka peninggalan Ki Demang Mertawijaya.

Sementara itu, Dr. Dian Agung Anggraeni, Wakil Ketua Bidang Kebudayaan FPK Jatim mengapresiasi kegiatan yang digelar warga Arjowilangun.

Apalagi, menurutnya, ada prosesi unik yang hanya ada di Desa Arjowilangun yakni Kirab Penganten Kembar Dampit Sukoco-Sukeci, dan Kirab Jaran Degling.

Baca Juga : klik disini  Warga Sengonagung di Kejutkan adanya Mayat di Sawah

Dokter cantik ini juga berharap acara ini bisa digelar secara kontinyu dan menjadi agenda budaya dan pariwisata yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Perlu dukungan semua pihak agar acara ini bisa berjalan setiap tahun dan merupakan agenda budaya dan pariwisata,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA