Lumbung Berita
NEWS TICKER

Pandemi Surut, Haul Mbah Sapu Logo Karangrejo Lebih Meriah

Minggu, 7 Agustus 2022 | 4:11 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Ruwat Dusun Bangkok dan Haul Mbah Sapu Logo di Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, kemarin malam (6/8/2022) terpantau lebih meriah dari tahun kemarin.

Longgarnya aturan prokes dan menurunnya status pandemi membuat penyelenggara lebih leluasa. Tidak ada lagi jarak dan sekat pembatas antar pengunjung.

“Saat pandemi kami tata sedemikian mungkin. Ada sekat, wajib masker, cuci tangan dan lainnya. Pokoknya ketat. Nah, sekarang lebih enjoy, pengunjung juga lebih leluasa,” terang Kasun Bangkok, Ari Kurniawan.

Efeknya, acara demi acara berlangsung meriah. Pengunjung juga antusias merekam tiap acara dengan kamera gadgetnya.Tak terkecuali saat pembacaan suluk tahunan.

Pembacaan ini terasa sakralnya. Penyelenggara mengemas secara apik dengan memadamkan lampu di seluruh area panggung. Hanya tersisa cahaya temaram dari lilin-lilin di panggung.

Ari yang didapuk sebagai pembaca sukses membawa suasana makin khidmat. Apalagi di akhir pembacaan suluk, warga secara bersama-sama menembangkan “Lir-ilir”.

“Biasanya memang saya baca di dalam punden. Untuk kali ini saya baca di depan pengunjung yang hadir dengan nuansa yang beda,” jelasnya.

Baca Juga : klik disini  Jalan Pandaan-Ledug Berlubang, Pemdes Sukolelo Kena Getahnya

Pengunjung juga dimanjakan dengan sajian istimewa lainnya. Selama berlangsungnya acara, pengunjung berhak menikmati hidangan sepuasnya secara cuma-cuma.

“Mulai pagi setelah subuh sampai pagi lagi kita menyediakan makan secara cuma-cuma kepada pengunjung. Siapapun itu, monggo mampir, bisa ambil makan cuma-cuma. Karena banyak juga pengunjung disini yang dari luar Kabupaten,” bebernya.

Dalam pergelaran kali ini, penyelenggara menampilkan beragam kegiatan seni budaya. Diantaranya tari-tarian anak-anak, Remo, Dagelan, dan Wayang Kulit.

“Sengaja kami melibatkan anak-anak sebagai penampil. Agar mereka ikut melestarikan keluhuran Mbah Sapu Logo. Harapan kami, warga Bangkok bisa lebih menjunjung nilai-nilai luhur yang telah diajarkan para pendahulunya dan juga melestarikan budaya,” tandasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kades Karangrejo, Jainul sepakat dengan Ari. Menurutnya, melestarikan Ruwat Dusun dan Haul Mbah Sapu Logo bisa membawa kemakmuran bagi masyarakat.

“Saya yakin sedekah warga di ruwat dusun ini akan di balas oleh Allah. Rezeki akan makin banyak dan dijauhkan dari penyakit. Dengan melestarikan dan menganut nilai-nilai luhur Mbah Sapu Logo, Insyaallah kita tidak akan tersesat sebagai masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga : klik disini  Keluarga Besar Muslim Lamaholot dan Solor Watan Lema di Malang Gelar Silaturrahim, Hotel BWALK Beri Dukungan Penuh

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!