Lumbung Berita
NEWS TICKER

Panwascam Wonorejo Sosialisasi Pendaftaran Pengawas TPS, ini Ucap Ketua Panwascam..!!!

Rabu, 27 Desember 2023 | 5:44 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Wonorejo sosialisasi tentang pendaftaran atau rekrutmen pengawas TPS (PTPS) yang akan bertugas untuk Pemilu 2024. Rabu (27/12/2023).

Sosialisasi dengan cara memasang pamflet di setiap Kantor Desa dan beberapa tempat strategis yang bisa di baca masyarakat.

Nahrowi selaku ketua Panwascam menuturkan, dirinya telah memberikan arahan ke setiap PKD (Pengawas Kelurahan/Desa) agar memasang Pamflet di beberapa tempat strategis, agar nantinya masyarakat yang ingin berpartisipasi menjadi bagian dari penyelengara pemilu bisa mendaftarkan diri.

“Proses pendaftaran sendiri baru di buka pada 2 sampai 6 Januari 2024, jadi ini sebatas sosialisasi kepada masyarakat,” ungkap Nahrowi.

Kebutuhan PTPS di Kecamatan Wonorejo sebanyak 163 anggota dari 15 Desa, sesuai dengan jumlah TPS di setiap desa, nanti di setiap TPS harus ada seorang PTPS. Tugasnya mulai mengawal pendistribusian kotak suara dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke TPS hingga proses penghitungan suara.

Tugas mereka sebagai pengawas yang mencatat setiap dugaan pelanggaran yang tejadi di TPS tempatnya bertugas. Umpama nya ada temuan surat suara tidak sama, maka itu harus dicatat dan dilaporkan ke Panwas PKD.
PTPS juga harus mengawal kotak suara dari TPS kembali ke PPK setelah proses penghitungan suara pemilu selesai.

Baca Juga : klik disini 👇  Polres Pasuruan Berhasil Menangkap 6 Pelaku Jaringan Pengedar Narkoba, Satu Orang Residivis

“Saya berharap PTPS bisa bekerja dengan baik dan memiliki integritas, PTPS memegang peranan penting sebagai garda terdepan yang mengawasi pemilu, khususnya pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) sebagai inti dari pelaksanaan pemilu,”tambah pria murah senyum ini.

Persyaratan menjadi anggota PTPS minimal usia 21 tahun, pendidikan SMA atau sederajat, berdomisili di wilayah Kecamatan Wonorejo, siap bekerja penuh waktu, surat keterangan sehat. atau bisa mendatangi langsung kantor Panwascam Wonorejo yang berada di Jl. Soeroyo No 135.

Jurnalis : SH.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!