Lumbung Berita
NEWS TICKER

Pastikan Fungsinya Terjaga, Rorak di Ledug Dipantau secara Berkala

Jumat, 2 Desember 2022 | 1:42 pm
Reporter: Indra
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Datangnya musim penghujan membuat beberapa pihak meninjau fungsi rorak di alas Pinggan, Kelurahan Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Kamis (1/12/2022).

Tim yang terdiri dari CSR PT Danon Aqua Pandaan dan Yayasan Satu Daun ini melihat dan memantau rorak-rorak yang mereka buat di antara tanaman kopi dan cemara gunung.

Sebagai informasi, rorak atau lubang untuk penyerapan dan penampungan air ini memang sumbangsih dari CSR PT Danon Aqua Pandaan. Sedangkan pelaksana teknisnya adalah Yayasan Satu Daun.

“Kedatangan kami kali ini untuk mengetahui kondisi rorak, mengingat sekarang kan musim penghujan sehingga kita pastikan berfungsi maksimal,” jelas Stakeholder Relation Manager Aqua Pandaan, Fifit Aji.

Data yang Lumbung Berita dapatkan, perusahaan air minum itu telah membuat 500 rorak. Tujuannya untuk menahan air sehingga terhindar dari banjir.

“Selain menahan lajuran off (lajur air), juga bisa mengurangi tekanan aliran air, sehingga mengurangi resiko banjir saat turun hujan,” terangnya.

Pria yang akrab disapa Aji ini menambahkan, tiap-tiap lokasi memiliki 8-12 rorak. Ukurannya bervariasi. Rerata berdimensi panjang 200 cm, lebar 50 cm dengan kedalaman 60 cm.

Baca Juga : klik disini 👇  Pelatihan Tematik Biosaka di Kantor Balai Penyuluh Pertanian Purwosari Mampu Menciptakan Generasi yang Inovatif

“Jaraknya juga bervariatif. Menyesuaikan tingkat kemiringan serta potensi volume air hujan yang mengalir,” sambungnya.

Ia melanjutkan, pada saat terjadi hujan, air akan mengalir melalui sodetan dan selanjutnya mengarah ke dalam rorak sehingga tekanan aliran air hujan bisa berkurang.

“Air yang di tertampung di rorak akan meresap dan menjadi cadangan air untuk kebutuhan tanaman yang ada disekitar rorak,” paparnya.

Karena fungsinya yang begitu penting itulah, lanjut Aji, rorak harus tetap terjaga dengan baik. Caranya dengan pengecekan dan pembersihan secara berkala.

“Rorak ini terbukti efektif dan multi manfaat. Maka itu harus intens dicek dan dibersihkan secara teratur. Terutama musim hujan seperti saat ini,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Yayasan Satu Daun, Diono sepakat dengan Aji. Musim hujan menjadi waktu yang tepat untuk mengecek berkala rorak.

Pasalnya, tiap usai turun hujan, acapkali rorak dipenuhi sampah dan tanah dari gerusan arus air. Pihaknya secara berkala membersihkan sampah dan mengangkat tanah agar kedalaman rorak tetap terjaga.

Baca Juga : klik disini 👇  Terkait Penculikan Anak, Kapolres Pasuruan, itu Hoaks

“Kalau habis hujan besoknya kita lakukan perawatan karena banyak sampah yang terbawa aliran air sehingga mengurangi volume rorak,” pungkas Diono.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!