Lumbung Berita
NEWS TICKER

PDIP Kabupaten Pasuruan Gelar Musancab dan Siap Menangkan Pemilu

Minggu, 11 April 2021 | 10:02 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com

DPC PDIP Kabupaten Pasuruan, hari ini menggelar Musyawarah Anak Cabang (Musancab) PDI Perjuangan se- Kabupaten Pasuruan (11/04/2021).

Musancab serentak ini digelar di enam titik berbeda dengan menggunakan fasilitas zoom meeting. Ke enam titik tersebut adalah Beji, Wonorejo, Rejoso, Pasrepan, Tutur, dan Pandaan.

Di Pandaan, gelaran untuk melantik Ketua, Sekretaris, dan Bendahara (KSB) anak cabang ini dilaksanakan di Cafe Kembang Randu, Desa Karangjati.

Sesi dibagi menjadi dua. Pagi hingga siang melantik KSB anak cabang Pandaan dan Prigen. Sorenya dilanjut melantik dari anak cabang Sukorejo dan Purwosari.

Pelantikan dihadiri langsung oleh dua pengurus DPD PDIP Jatim. Yakni Wakil Ketua Bidang Kehormatan Budi Sulistyono, dan Wakil Ketua Bidang Tani Marhaen Djumadi.

“Mungkin ini pertama kali partai politik melaksanakan zoom untuk musancab, ya baru PDIP Kabupaten Pasuruan. Total yang mengikuti 1000 orang. Terdiri dari KSB-nya 366 ranting dan KSB 11 Anak Cabang yang demisioner. Makanya kita bagi tempat dan waktu,” ujar Ketua DPC PDIP Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi.

Andri melanjutkan, Musancab kali ini tidak memakai sistem voting dalam memilih KSB. Melainkan langsung dilantik atas rekomendasi dari DPD PDIP Jatim.

Baca Juga : klik disini  Kuli Bangunan di Lekok Tewas Setelah di Tusuk Pisau

“Mekanisme di PDI Perjuangan tidak ada voting. Prosesnya usulan Musancab itu sendiri. Bisa juga usulan dari DPC dan DPD. Semua boleh usul. Tapi keputusan KSB nya di tangan Dewan Pimpinan Daerah. Kita tunduk dan patuh pada rekomendasi pimpinan kita,” terangnya.

Musancab, lanjut Andri, juga bagian dari reorganisasi dalam menyukseskan target-target partai ke depan. Terutama target tiga kali menjadi pemenang Pemilu.

“Target dari DPP PDIP adalah menang pemilu tiga kali. Meskipun di Kabupaten Pasuruan PDIP bukan pemenangnya, paling tidak kita memberikan sumbangsih. Baik di pileg pusat dan daerah maupun di pilpres. Jadi kita siap berkompetisi,” paparnya.

Strategi untuk pemenangan itu, sebutnya, adalah sesuai dengan instruksi Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri. Yakni para kader diwajibkan memperhatikan kaum Marhaen.

“Kita diperintahkan Ibu Ketua Umum untuk dekat dengan marhein. Yaitu orang-orang kecil. Orang-orang yang dirawat tapi enggak punya uang, atau orang yang punya cangkul saja tanpa memeliki lahan,” cetusnya.

Selama ini arahan tersebut cukup sukses diterapkan di Kabupaten Pasuruan. Terbukti, penanaman pohon di Bromo diikuti ratusan orang hingga keberhasilan menaikkan pendapatan guru sukwan.

Baca Juga : klik disini  Jelang Maulid, Pembeli Pasar Besar Malang Membludak

“Contohnya teman-teman guru sukwan kemarin, 7 tahun tidak ada kenaikan gaji. 2019 lalu kita siapkan 27 Milyar. Ada juga saat anak muda diwajibkan menanam pohon. Tempo hari kita di Bromo pesertanya antusias. Sampai 700 lebih. Itu lah beberapa penerapan instruksi dari Ibu Ketua Umum,” jabarnya.

Keberhasilan itu lah yang akan dijadikan modal PDIP Kabupaten Pasuruan untuk mendulang dukungan saat pileg maupun Pilkada.

“Partai solid. Kader juga solid. Kita siap berkompetisi di Pileg maupun Pilkada,” tukas politisi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan tersebut.

Dihubungi di tempat yang sama, Wakil Ketua Bidang Kehormatan, Budi Sulistyono mengacungi jempol untuk kepemimpinan Andri Wahyudi.

Menurut pria yang akrab disapa Kanan ini, PDIP di tangan Andri mengalami kemajuan yang signifikan. Salah contohnya adalah keberadaan kantor DPC di Beji.

“Kepemimpinan Mas Andri cukup luar biasa. Sudah berhasil membangun kantor yang bisa menampung aspirasi, sebagai tempat beraktivitas, maupun konsolidasi,” ungkapnya.

Mantan Bupati Ngawi dua periode itu melanjutkan, untuk menjadi nomor satu dalam pileg, dibutuhkan kader yang punya peran kuat. Piawai berdiplomasi dan merangkul kawan maupun lawan.

Baca Juga : klik disini  Polres Pasuruan "Beber" Hasil Operasi Pekat 10 Hari

“2024 kompetisi luar biasa. Diawali legislatif sampai presiden. Inti untuk menang, harus menguasai elektoral. Penguasa eletoral adalah PAC. Termasuk Camat juga. Kita harus bersinergi. Paling pokok lagi dalam elektoral adalah ranting dan kepala desa. Sinergikan semuanya itu,” pesannya.

Ia mengapresiasi beberapa anggota legislatif yang duduk di DPRD Kabupaten Pasuruan. Meski tak memiliki kader yang menjadi Ketua DPRD, maupun eksekutif, tapi delapan kader PDIP mampu mewarnai berbagai kebijakan.

“Seperti kebijakan keuangan, politisi PDIP mampu mewarnai. Karena patuh pada pedoman Ibu Ketua Umum. Yakni memperhatikan nasib wong cilik. Marhein. Itu bidikan kita untuk disejahterahkan. PDIP tempat bergantung. Kalau masyarakat nyaman bergantung kepada partai ataupun para kadernya, maka ini akan menjadi suatu keterikatan yang luar biasa,” pungkasnya.

Jurnalis : Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!