Lumbung Berita
NEWS TICKER

Pemenang Lomba Desa Pasuruan Akui Operasional Lomba Cukup Besar

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:03 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Kabupaten Pasuruan 2022 mengakui biaya operasional selama perlombaan cukup besar. Bahkan hadiah yang diperoleh (Rp40 juta) belum mampu menandingi besaran operasional.

Hal ini diutarakan langsung oleh Kepala Desa Sumbersuko, Saiful Ma’arif saat ditemui di Balai Desa Sumbersuko, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, pagi tadi (13/05/2022).

“Tentu biayanya melebihi yang kami peroleh dari kejuaraan tersebut. Namun, alhamdulilah kami mampu memaksimalkan berbagai sumber daya yang kami punyai,” ujarnya.

Sebagai pemenang, Desa Sumbersuko akan mewakili Kabupaten Pasuruan dalam perlombaan lanjutan di tingkat provinsi. Logikanya, biaya operasional pastinya lebih tinggi lagi.

Untuk itu, Kades yang akrab disapa Kaji Ma’arif ini berharap ada izin dari DPMD Kabupaten Pasuruan untuk menggunakan APBDes sebagai tambahan operasional lomba tingkat provinsi.

“Operasional pastinya besar. Rencana saya mau mengambil dana dari APBDes, lewat Perubahan APBDes untuk ikut lomba tingkat provinsi. Saya sudah meminta izin kepada DPMD, tetapi sampai sekarang masih belum ada jawaban,” jelasnya.

Meski begitu, ia kembali menegaskan akan berjuang 100 persen demi mendapat hasil terbaik. Ia mengaku siap dengan segala kondisi yang terjadi, termasuk bila tak disetujui DPMD.

Baca Juga : klik disini  Rehabilitasi, Solusi Aman Pemakai Narkoba

“Sampai saat ini kami masih menunggu jawaban DPMD. Namun kami sudah menyiapkan langkah antisipasi bila tak disetujui. Prinsipnya, kondisi apapun kami harus siap ikut lomba provinsi,” tegasnya.

Kesiapan itu, sambungnya, tak hanya biaya saja, melainkan juga menjalar ke aspek lainnya. Saat ini, pihaknya sedang dalam proses bimbingan Pemkab untuk perlombaan provinsi.

“Untuk persiapan ke provinsi, kami sudah berkoordinasi dan sudah dalam proses bimbingan dari Pemkab Pasuruan. Jadi insyaallah siap,” terangnya.

Seperti diketahui, Desa Sumbersuko dinobatkan sebagai desa yang terbaik diantara tiga desa lainnya: Ketan Ireng (Prigen), Karangsono (Sukorejo), dan Pucangsari (Purwosari).

Penobatan kemenangan itu dilangsungkan kemarin (12/05/2022) di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti, Kota Pasuruan. Sebagai pemenang, desa dengan 13 dusun ini berhak atas trofi, uang, dan piagam.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!