Lumbung Berita
NEWS TICKER

Pemerintah Desa Arjosari Giat Sosialisasi serta Bimtek Relawan SDGs

Sabtu, 8 Mei 2021 | 6:55 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Sustainable Development Goals(SDGs) Desa, adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan. Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan, yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Sosialisasi serta Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi relawan SDGs dilaksanakan di balai Desa Arjosari, Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan, Sabtu malam (08/05/21).

Kegiatan dihadiri Muspika Kecamatan Rejoso, Kepala Desa, Pendamping Desa, Ketua BPD serta Perangkat Desa dan juga para relawan.

Kuswandi, Kepala Desa Arjosari menyampaikan bahwa sosialisasi untuk meningkatkan sinergitas, guna percepatan pencapaian tujuan.

“SDGs Desa merupakan tindak lanjut implementasi dari surat Direktur Jenderal Kementerian Desa, nomor 1 tanggal 1 maret 2001 tentang pemutahiran data,” Ucap Kepala Desa.

Menurut Kuswandi, pendataan desa adalah proses penggalian, pengumpulan, pencatatan, verifikasi dan validasi data SDGs Desa, yang memuat data objektif kewilayahan dan kewargaan Desa berupa aset dan potensi aset Desa.

Baca Juga : klik disini  Bahas Perdes, Kades dan BPD se-Prigen Ikuti Bimtek

“Ini dapat didayagunakan untuk pencapaian tujuan pembangunan desa, masalah ekonomi, sosial, dan budaya yang dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi penyusunan program dan kegiatan pembangunan desa,” Pungkas Kuswandi.

Dalam giat juga dibarengi penetapan APBDes yang ke 2 di tahun 2021, yang langsung disepakati dan ditanda tangani oleh ketua BPD.

Sosialisasi berjalan dengan lancar serta mematuhi protokol kesehatan.

Jurnalis : Samsul A.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!