Lumbung Berita
NEWS TICKER

Pencuri Kabel di PT. Cimory di Tangkap Polsek Purwosari

Kamis, 13 Juni 2024 | 6:18 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Unit Reskrim Polsek Purwosari dipimpin Kapolsek Purwosari AKP Sugiyanto, mengamankan 2 (dua) orang pelaku pencurian kabel listrik di Gudang Squeeze PT. Cimory, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Rabu (12/06/2024).

Kedua pelaku yakni ES (36) warga Dusun Babatan, Kelurahan Bakalan, Kecamatan Bugil Kidul dan MM (31) warga Dusun Sidomulyo, Desa Kejayan, Kecamatan Kejayan.

Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra, melalui Kapolsek Purwosari menjelaskan kronologi bahwa berawal dari dalam gudang PT. Cimory, Dusun Puntir, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari sering mengalami kehilangan barang berupa kabel listrik, untuk pemasangan instalasi kelistrikan yang sedang dikerjakan oleh PT. Karisma Perdana.

Selanjutnya atas kejadian, Moh. Soyin yang merupakan Pensiunan TNI yang menjadi Danton Security di PT. Cimory melaporkan kejadian tersebut kepada Polsek Purwosari pada Selasa (11/06/2024).

Kapolsek Purwosari AKP Sugiyanto bersama Unit Reskrim lalu menindak lanjuti laporan dan berbekal informasi dari karyawan, kemudian pada Rabu (12/06/2024) pukul 15.50 WIB, Unit Reskrim Polsek Purwosari bersama dengan petugas Security PT. Cimory melakukan penggeledahan terhadap karyawan dan pekerja proyek.

“Kemudian mendapati 2 (dua) orang laki-laki pekerja proyek keluar Pabrik dan selanjutnya dilakukan penggeledahan badan akhirnya berhasil ditemukan pada anggota badan 2 (dua) orang pelaku tersebut potongan kabel tembaga sebanyak 24 (dua puluh empat) potong, yang disembunyikan dibalik celana panjang yang dikenakan pada bagian bawah dan di isolasi pada kakinya,” kata Kapolsek Purwosari.

Baca Juga : klik disini 👇  Pengedar Sabu Asal Purwosari dan Gempol di Tangkap Satreskoba Polres Pasuruan

Selanjutnya, tambah AKP Sugiyanto, dilakukan interogasi kepada pelaku perihal potongan kabel tersebut, dan kedua pelaku mengakui bahwa potongan kabel tersebut didapatkan dari mencuri di dalam gudang.

“Atas adanya kejadian tersebut kemudian pelaku beserta barang bukti dibawa ke Polsek Purwosari, untuk dilalukan penyidikan lebih lanjut,” jelas mantan Kapolsek Prigen.

Dari hasil penangkapan kedua pelaku, ditemukan sejumlah barang bukti berupa 24 (dua puluh empat) potongan kabel tembaga dan 1 (satu) buah gunting besar atau pemotong kabel. Dari kejadian itu, PT. Cimory mengalami kerugian sebesar Rp. 7.500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu rupiah).

“Atas perbuatannya, kedua pelaku dikenakan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dan diancam dengan pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun,” ungkapnya.

Jurnalis : Lu-Hum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!