Lumbung Berita
NEWS TICKER

Pentolan LSM Kota dan Kabupaten Pasuruan, Agus Cokel dan Kusuma : Bupati Harus Mencopot Kadispendik

Rabu, 19 Januari 2022 | 4:00 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Beredar di berbagai Group WhatsApp (WAG) sebuah video yang sangat tidak pantas untuk ditonton oleh publik, atas pernyataan layaknya seorang “Preman” dilontarkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadispendik) Kabupaten Pasuruan, yang menebar ancaman kepada Wartawan – LSM Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (19/01/2022).

Dalam video terlihat Kadispendik Kabupaten Pasuruan, Hasbullah, berpidato didepan Kantor Dinas Pendidikan, area Komplek Perkantoran Raci, dengan melontarkan kata – kata yang dinilai sangat tidak etis dan dianggap “Arogan” terhadap Wartawan dan Lsm.

Merasa dicatut lembaganya, kecaman dan seruan dari berbagai LSM se Kota dan Kabupten Pasuruan bereaksi.

Salah satunya Agus Cokel, ketua umum Gema Anak Bangsa (GAB) Pasuruan Timur angkat bicara, ia berharap agar Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, mengevaluasi kepala dinas tersebut.

“Perkataan yang di lontarkan Kepala Dinas sangat tidak pantas, sangat melukai teman-teman lembaga dan insan pers, yang mana lembaga dan media sudah jelas di undang-undang sebagai kontrol sosial yang jadi penyeimbang dan memberi informasi mengedukasi ke masyarakat. Maka dari itu bupati harus mencopot jabatan Dispendik yang tidak patut jadi contoh di dunia pendidikan,” kata Agus Cokel.

Tidak eloknya perkataan pejabat teras di lembaga pendidikan Kabupten Pasuruan, mendapat respon juga dari Kusuma, Ketua Umum (Ketum) LSM Surapati.

Baca Juga : klik disini  Kunjungi Pasuruan, Densus 88 Ajak Dai dan Khatib Cegah Radikalisme

“Meskipun secara virtual sudah ada permohonan maaf dari Kadispendik itu tidak cukup, karena saya pribadi dan ketum LSM GAB Pastim pasang badan di garda terdepan agar Bupati Pasuruan mengevaluasi setiap pejabat-penjabat yang ditunjuk dan harus mencopot Kadispendik yang sekarang, karena sudah menciderai jalannya demokrasi,” ungkap sapaan Bang Kusuma.

Dikutip dari Surabaya Tribunews.com. Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan, menyampaikan, saya minta Bupati Pasuruan mengevaluasi saudara Hasbullah.

“Saya pribadi sangat prihatin dan menyayangkan statement di ruang publik Kadispendik Kabupaten Pasuruan, yang baru saja dilantik itu,” kata legislator yang disapa Mas Dion.

Perlu di ketahui, Hasbullah yang baru dilantik beberapa hari lalu sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, berpidato di depan puluhan pegawai Dinas Pendidikan, area Komplek Perkantoran Raci, Kabupaten Pasuruan.

Video berdurasi 30 detik itu, dengan jelas Kadispendik melontarkan perkataan yang dianggap “mengancam” para LSM dan Wartawan.

“Kalau ganggu kepemimpinanku, ganggu sekolahan, hati – hati. mati kamu. Kepala Sekolah semuanya gak usah takut sama LSM atau sama siapa,” Ujar Hasbullah dalam video yang viral diberbagai sosial media.

Baca Juga : klik disini  Kejari Kabupaten Pasuruan Ikuti Raker 2020 secara Virtual

Jurnalis : Samsul A.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA