Lumbung Berita
NEWS TICKER

Penuh Serakan Sampah, Petugas Pasar Pandaan Bersihkan Sungai

Rabu, 3 Agustus 2022 | 7:41 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Serakan sampah di sungai depan Pasar Pandaan,Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan mendapat perhatian serius dari Kepala Pasar, Pandaan, Sugiman Budi Santoso.

Kemarin siang (2/8/2022), ia bersama seluruh karyawan pasar turun langsung ke dalam sungai. Sungai selebar 2,5 meter dan panjang 100 meter itu disisir dan dibersihkan.

Semua sampah-sampah yang didominasi plastik, dipungut dan dibuang ke bak sampah milik Pasar Pandaan. Selain membersihkan sungai, petugas pasar juga mengecat tembok di depan pintu gerbang pasar.

“Kami serentak bersama seluruh karyawan Pasar Pandaan membersihkan sungai di depan pasar dan mengecat tembok di depan pintu gerbang. Biar tidak kelihatan kumuh,” jelas Budi.

Mantan Kepala Pasar Bangil itu menerangkan, sampah yang berada di sungai tidak murni dari pedagang pasar. Sebagian besar malah berasal dari masyarakat luar pasar.

“Banyak kantong plastik berisi sampah rumah tangga. Ada juga yang berisi popok bayi. Sebagian lagi berupa kulit-kulit kelapa muda. Itu jelas bukan dari pedagang pasar sendiri,” bebernya.

Pria bertubuh gempal ini melanjutkan, saat masuk musim kemarau, tumpukan sampah di sungai akan makin menggunung. Berbeda ketika musim hujan tiba. Sungai lebih kelihatan bersih karena sampah tergerus air.

Baca Juga : klik disini  Pertanian Terpadu, Calon Wisata Baru di Sukolelo Prigen

“Makanya kami sepakat bersih-bersih sungai. Karena bagaimanapun sampah ini berada di depan kantor pasar. Kami juga harus ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan sungai. Jadi, biar pengunjung makin nyaman,” urainya.

Agar masyarakat tak membuang sampah di sungai, kedepannya, ia akan membuat banner imbauan. Banner-banner itu akan diletakkan di beberapa titik strategis di dekat sungai.

“Rencananya setelah kami bersihkan, akan kami beri banner imbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Biar masyarakat sadar bahwa sungai bukan tempat pembuangan sampah,” tutupnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!