Lumbung Berita
NEWS TICKER

Peringati 1 Suro, Dusun Damar Purwosari Lestarikan Tradisi Barikan

Rabu, 19 Juli 2023 | 1:07 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

 

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Puluhan warga Dusun Damar, Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan menggelar barikan di simpang tiga jalan dusun, Rabu (19/7/2023).

Para warga itu berkumpul di simpang tiga sambil membawa makanan dari rumah masing-masing. Makanan dikumpulkan kemudian dibacakan doa.

Warga terlihat antusias. Baik tua-muda, besar-kecil, maupun pria-perempuan ikut berbondong-bondong meramaikan.

“Pertama dibacakan doa dalam versi bahasa Jawa. Kemudian dilanjut berdoa yang dilakukan oleh ustaz setempat,” jelas salah satu tokoh masyarakat, Heri.

Heri melanjutkan, acara tersebut dilakukan warga Dusun Damar setiap tahun untuk memperingati 1 Muharam (Suro-an).

Selain itu, tradisi ini juga sebagai bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rejeki, kesehatan, ketenteraman, kesehatan, dan keselamatan.

“Acara barikan ini memang sudah turun temurun hingga sekarang. Ini kami lestarikan sebagai bentuk syukur kepada Yang Maha Kuasa. Tidak hanya itu, ini juga bentuk pelestarian budaya adat jawa,” jelasnya.

Sesepuh dusun itu melanjutkan, masyarakat percaya barikan mempunyai arti yang sakral. Dengan ditambah selamatan menggunakan makanan, masyarakat yakin doanya akan terkabul.

Baca Juga : klik disini 👇  Gudang Kertas Terbakar, Sebagian Pandaan Hujan Abu Tipis

“Barikan ini sangat sakral dan masyarakat di sini (Dusun damar) meyakini dengan media selamatan menggunakan jajan ini bisa mengabulkan doa kami, ini bukan sirik karena tetap tujuan kami Tuhan Yang Maha Kuasa,” paparnya.

Tradisi Barikan, lanjut Heri, juga memiliki hikmah yang positif. Yakni untuk merukunkan, mendamaikan dan mengakrabkan antar masyarakat Dusun Damar.

“Tradisi ini juga berperan sebagai penengah supaya masyarakat tetap bersatu dan tidak terjadi perpecahan antar umat,” pungkasnya.

Jurnalis: Adi

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!