Lumbung Berita
NEWS TICKER

Peringati Kemerdekaan ke-77, FPK Pasuruan Bagikan 77 Baju Lurik

Minggu, 21 Agustus 2022 | 5:01 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Usia Kemerdekaan Republik Indonesia yang menginjak 77 tahun rupanya diperingati Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Pasuruan dengan cukup unik.

Kemarin (20/8/2022), FPK Pasuruan membagikan 77 baju lurik. Pembagian ini dilakukan di Desa Pager, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Ke-77 baju itu diberikan kepada perangkat desa serta seluruh panitia sedekah bumi di dusun setempat.

Ketua FPK Pasuruan, Achmad Fauzan, kepada wartawan mengatakan pemberian baju lurik tersebut sebagai partisipasi FPK dalam peringatan Hari Kemerdekaan.

“Pemberian ini untuk memperingati Hari Kemerdekaan yang telah berusia 77 tahun. Kami berikan baju lurik, karena ini bagian dari uri-uri budaya,” jelasnya.

Pria yang juga akrab disapa Fauzan ini melanjutkan, pihaknya sangat mendukung semua kegiatan yang mengacu pada upaya pemajuan kebudayaan, seperti acara sedekah bumi.

“Sedekah bumi ini masuk kategori Ritus. Sedangkan Ritus sendiri adalah salah satu Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) sesuai Undang-undang No 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan,” paparnya.

Dalam sedekah bumi Dusun Pager Kulon tersebut, Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto didapuk sebagai pemotong tumpeng.

Baca Juga : klik disini  Siswa-siswi SD di Kepulungan Divaksin

Usai potong tumpeng, acara dilanjutkan resepsi hiburan pergelaran wayang kulit dengan dalang Ki Anom Sudarmaji dari Mojokerto.

“Terima kasih kepada FPK Jatim terutama FPK Pasuruan atas partisipasi, dukungan dan doa nya. Sehingga acara ini dapat berlangsung lancar, semarak, dan sukses sesuai harapan masyarakat,” tutup Ketua Panitia, Dariyanto.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!