Lumbung Berita
NEWS TICKER

Perkecil Angka Tengkes, Gelar Orientasi untuk Kader Pendamping Keluarga

Kamis, 16 Maret 2023 | 11:11 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Upaya memperkecil angka tengkes (stunting) di Kecamatan Gempol terus dilakukan. Salah satunya lewat kegiatan orientasi bagi kader Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Untuk hari ini (16/3/2023), orientasi digelar di Balai Desa Kepulungan. Pesertanya kader TPK dari Desa Kepulungan, Randupitu, dan Ngerong.

Selama dua jam, kader TPK mendapatkan materi pencegahan tengkes dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Pasuruan.

Koordinator Balai Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Gempol, Ajik Susanto menerangkan orientasi ini bertujuan meningkatkan kualitas pendampingan dari kader TPK.

“Karena kader TPK harus mendampingi calon pengantin (catin), ibu hamil, ibu nifas, dan balita,” tutur pria dengan sapaan akrab Ajik tersebut.

Meski angka tengkes di Kecamatan Gempol terbilang kecil (4-5%), tetapi 2 puskesmas di wilayah Gempol sepakat menargetkan 0% pada akhir 2024.

“Kalau di Gempol, angka tengkes sudah sangat rendah. Namun, 2 PKM (puskesmas) di Gempol berusaha menurunkan angka tengkes sampai 0% pada akhir 2024. Itu yang disepekati pada lokakarya mini bulan kemarin,” paparnya.

Baca Juga : klik disini 👇  Cempaka-Cargill-USAID Luncurkan CITASAMA: Seribu Hektar untuk Seribu Manfaat

Demi menggenjot target tersebut, orientasi kader TPK kali ini berfokus pada KIE (Komunikasi, Informasi, Edukasi). KIE, sebut Ajik, sampai saat ini punya peran efektif dalam mencegah tengkes.

“Karena lewat KIE lah, masyarakat mulai dari calon penganti hingga memiliki anak usia balita, diberikan pemahaman dan edukasi tentang tumbuh kembang yang baik,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!