Lumbung Berita
NEWS TICKER

Pesan Kapolres Pasuruan untuk Masyarakat : Hati-Hati dalam Memilih Telur

Minggu, 9 Mei 2021 | 12:24 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan memberikan warning kepada masyarakat akan bahaya telur tak layak konsumsi. Telur-telur itu menurut pria yang akrab disapa Rofiq itu beredar di pasar tradisional.

Peringatan dari Kapolres ini disampaikan saat pers rilis pengungkapan kasus penjualan telur tak layak konsumsi di Mapolres Pasuruan, Minggu (09/05/2021).

“Ini sebagai warning kepada masyarakat, khususnya di Pasuruan, karena Pemasaran telur ini ada diberbagai Kabupaten di wilayah Jatim. Jadi hati-hati dalam memilij telur,” terangnya.

Telur-telur itu, lanjut Rofiq, diduga kuat mengandung bakteri E. Coli yang melebihi ambang batas baku mutu. Sehingga dapat mengakibatkan infeksi saluran pencernaan, salurah kemih, gangguan pernapasan, dan infeksi selaput otak apabila dikonsumsi.

“Dari barang bukti yang kita sita, cairan telur kita ambil random untuk di tes kan, dan hasilnya didapati jumlah bakteri E. Coli dan salmonella yang melebihi baku mutu. Ini berbahaya untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Bahkan dari hasil perbincangan dirinya dengan berbagai ahli, ia menerangkan efek telur tak layak itu dapat mengakibatkan keguguran dan cacat kelahiran bagi ibu hamil.

Baca Juga : klik disini  Polres Pasuruan Ringkus Pengedar Narkoba Kelas Kakap

“Lebih bahaya lagi kalau telur ini dikonsumsi ibu hamil dan menyusui, bisa menimbulkan keguguran maupun cacat janin. Jadi pilihlah telur yang benar-benar sehat,” paparnya.

Untuk itu ia memberi tips kepada masyarakat yang akan membeli telur. Ia menyebut telur yang baik adalah telur yang berwarna tidak pucat, tidak berbintik jika diterawang, tidak berbau amis menyengat, dan tidak berharga dibawah bandrol pasar umumnya.

“Yang paling mudah, lihatlah harga kewajaran. Jangan tergoda harga murah. Lihat juga warnanya. Warna jangan terlalu terang dan pucat, baunya jangan menyengat dan kalau di goyang tidak kocak,” tukasnya.

Jurnalis : Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!