Lumbung Berita
NEWS TICKER

Piramida Polres Pasuruan: Tangkal Berita Hoax dan Peredaran Narkoba

Kamis, 23 Februari 2023 | 12:42 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Jalin silaturahmi dan kedekatan dengan Awak Media serta menangkal berita hoax yang ada di Media Sosial, Polres Pasuruan rutin giat Ngopi bersama Media (Piramida).

Hari ini Piramida di laksanakan di Pujasera Purwosari (Jarwo) Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Kamis (23/02/2023) pukul 16.00 WIB.

Hadir dalam Piramida, Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H.,S.I.K.,M.Si yang diwakili Kasi Humas Polres Pasuruan, Ipda Bambang Sugeng Hariyadi, S.Sos, Jurnalis Bhayangkara, CBN, Gerak Nusantara, Oposisi, Lintas Matra, Potret Lensa dan beberapa awak media lainnya.

Ipda Bambang bersama para awak media tampak santai dan menikmati suasana Piramida untuk memecahkan problema dalam menangkal berita hoax di media sosial, dan mengantisipasi peredaran narkoba yang indikasinya sudah mempengaruhi pelajar sekolah.

Dalam sambutannya, Ipda Bambang menyampaikan agar masyarakat tak mudah dalam mencerna dan menyebarluaskan suatu berita yang belum tentu diketahui kebenarannya (hoax).

Mantan Wakapolsek Wonorejo ini juga mengingatkan rekan media bahwa, sebuah kabar hoax atau berita bohong bisa membawa masalah serius bagi masyarakat, maka dari itu dia meminta agar para awak media bisa ikut berperan aktif membantu dalam memberikan edukasi positif di dalam menyusun berita dan narasi.

Baca Juga : klik disini 👇  Bermain di Sungai, Excel Tewas di Sungai Kalianyar Babatan Purwosari

Ipda Bambang juga menghimbau, agar rekan-rekan media menghindari ajakan kawan atau seseorang dalam menggunakan narkoba, karena narkoba bisa menimbulkan efek kecanduan.

“Jika sudah kecanduan maka yang dirugikan adalah kita sendiri, selain merusak kesehatan juga melanggar hukum yang akhirnya bisa masuk penjara. Hindari dan jauhi yang namanya narkoba agar kita semua sehat dan selamat,” ucap Ipda Bambang.

Sementara itu Si’in, awak media Oposisi, juga menjelaskan bahwa dalam membuat berita, kita sebagai awak media harus menyampaikan isi berita sesuai dengan kondisi yang terjadi di lapangan.

“Jangan sampai mengurangi atau menambahi sebuah isi berita dengan kalimat bohong (hoax) atau tidak sesuai dengan fakta di lapangan, sehingga imbasnya masyarakat akan mudah terprovokasi saat membaca berita tersebut, saring sebelum Share ,” ungkap Si’in.

Tak lupa dia juga mengingatkan, agar rekan jurnalis benar benar jangan sampai ada yang mengkonsumsi narkoba, karena penyalahgunaan narkoba sangat fatal akibatnya dan dilarang oleh negara serta melanggar hukum.

Sementara itu Tholib, salah satu jurnalis asal Kecamatan Wonorejo berharap kepada jajaran Polres Pasuruan agar pihaknya sering melakukan sosialisasi, atau penyuluhan terkait bahaya penyalahgunaan narkoba di sekolah dan desa.

Baca Juga : klik disini 👇  Otak Pelaku Utama Produsen Sabu Ketanireng Prigen Diduga Seorang Napi

“Sosialisasi terkait bahaya penyalahgunaan narkoba sangat perlu dilakukan oleh pihak kepolisian khususnya untuk para pelajar, agar para penerus bangsa tidak terkontaminasi dengan penyalahgunaan narkoba, sehingga tercipta anak bangsa yang berprestasi untuk memajukan NKRI,” ungkap Tholib.

Kegiatan Piramida Polres Pasuruan di tutup dengan pembacaan doa oleh Kasi Humas Polres Pasuruan. Kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah.

Jurnalis : Lum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!