Lumbung Berita
NEWS TICKER

Polemik Desa Pancur, Aliansi Pastim Desak DPMD Kabupaten Pasuruan Turun Tangan

Jumat, 16 September 2022 | 3:29 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com

Aliansi Lembaga Swadaya Masyarakat-Gema Anak Bangsa (GAB) dan Garda Nusantara Pasuruan datangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Pasuruan.

Kedatangan LSM ini meminta agar dinas segera turun tangan menfasilitasi polemik pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa Pancur, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, Kamis (15/09/2022).

Zainal arifin, ketua Garda Nusantara saat Audiensi yang dilakukan diruang rapat Dinas PMD Kabupaten Pasuruan meminta, agar Dinas PMD selaku Satuan Kerja (Satker) yang membidangi pemerintahan desa menfasilitasi pengaktifan kembali Perangkat Desa Pancur, yakni Napi’i yang menjabat sebagai Kepala Dusun Krajan, Desa Pancur untuk segera bisa bekerja kembali sebagai Perangkat Desa.

Zainal menyatakan, perlunya Dinas PMD memberikan fatwa atau keterangan yang bisa dijadikan rujukan oleh Pemerintah Desa Pancur ataupun Camat Lumbang agar kembali bisa mengaktifkan Napi’i.

“Keinginan Kepala Desa untuk memberhentikan Napi’i sebagai perangkat desa melalui surat permohonan rekomendasi pemberhentian pada Camat Lumbang, karena dinilai telah melakukan pelanggaran hukum dimana dinyatakan bersalah oleh pengadilan karena melakukan tindakan pidana, tidak bisa dijadikan dasar sebagai alasan pemberhentianya,” ungkap Zainal pada Audiensi yang dihadiri Kabag Pemerintahan dan Bina Desa Dinas PMD Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga : klik disini  Polres Pasuruan Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak Pandemi

“Dalam petikan putusan perkara pidana di Pengadilan Negeri Bangil nomor 152/Pid.Sus/2022/Bil dinyatakan bahwa, Napi’i bin Juki alias Kp.Tirto, pekerjaan perangkat desa dinyatakan bersalah berdasarkan ketentuan pasal 303 Bis ayat (1) KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dimana ancaman hukuman maksimal empat (4) tahun penjara,” Terangnya.

Pria berpostur kurus ini menambahkan bahwasannya sesuai ketentuan aturan dalam Permendagri nomor 67 tahun 2017 pasal 5 ayat (3) menyatakan bahwa, Perangkat Desa diberhentikan sebagaimana pada ayat (1) huruf C karena dinyatakan sebagai terpidana yang di ancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun, berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Oleh karena itu karena tidak adanya alasan yang cukup sebagai dasar pemberhentian Napi’i sebagai perangkat desa, sudah selayaknya Dinas PMD Kabupaten Pasuruan segera bisa memfasilitasi pemerintah Desa Pancur dan Camat Lumbang untuk segera mengaktifkan kembali salah satu perangkat desanya usai menjalani hukuman,” Pungkasnya.

Hal yang sama di ungkapkan Agus Jalaludin, ketua umum LSM GAB_PASTIM, pada pemaparannya dengan tegas meminta Dinas PMD segera menfasilitasi sesuai aturan yang ada, agar pihak Pemerintah Desa Pancur ataupun Camat Lumbang segera mengaktifkan kembali Napi’i sebagai Kepala Dusun Krajan di pemerintahan Desa Pancur.

Baca Juga : klik disini  Jajaran Polsek Beji-Polres Pasuruan Mengucapkan "Selamat Tahun Baru 2021"

“Jika omong aturan, aturanya sudah jelas bahwa tidak ada hal yang bisa menjadi dasar pemberhentian saudara Napi’i sebagai perangkat desa pancur, maka demi konduktivitas pemerintahan desa pancur khususnya seharusnya Dinas PMD turun tangan untuk menfasilitasi pengaktifan kembali sebagai perangkat desa pancur,” Tegas pria berambut kuncir.

Menanggapi aduan dan pernyataan pada Audiensi tersebut, diruang rapat Dinas PMD Soni Karyanranto selaku Kabag Pemerintahan menyatakan bahwa Dinas PMD Kabupaten Pasuruan hanya berusaha sebagai fasilitator saja, karena nantinya kewenangan ada pada pemerintahan Desa Pancur dan Camat Lumbang dalam memberikan rekomendasinya nanti.

“Kami akan koordinasikan dengan pemerintah desa dan kecamatan nanti seperti apa, karena kewenangan pada pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa ada pada mereka, Kami di Dinas PMD ini hanya konsen pada aturan yang ada,” tungkasnya.

Jurnalis : SA.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!