Lumbung Berita
NEWS TICKER

Ponpes Dalwa Pasuruan Gunakan Genose untuk Tes Covid

Kamis, 11 Maret 2021 | 9:02 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Pondok Pesantren Darullughoh Wadda’wah (Dalwa) mulai menggunakan Genose sebagai alat tes Covid-19. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan santri selama belajar di pondok.

Pengasuh pondok pesantren Darullughah Wadda’wah (Dalwa) Habib Ali Zainal Abidin bin menjelaskan, sebelum menggunakan Genose, pihak pondok selalu melakukan tes swab PCR kepada santri sebelum kembali ke pondok. Agar pondok tetap steril dan terjaga dari penyebaran covid-19.

“Setelah ada genose, semua santri yang balik ke pondok harus di tes Genose. Guru pun juga, hampir setiap hari sebelum masuk pondok juga di tes pakai Genose. Jadi ponpes insha Allah aman dan steril dari covid,” jelas Habib Zainal, Kamis (11/3/2021).

Humas Ponpes Dalwa, Ustad Fauzi Hamzah menguraikan, penerapan alat Genose untuk santri, guru, serta tamu merupakan upaya ponpes menjaga keselamatan bersama selama pandemi covid-19. Sehingga, dapat diketahui kondisi kesehatannya.

“Terutama bagi kesehatan murid, kami menjaga betul agar selama pembelajaran di pondok tidak terganggu dan aman dari covid-19. Oleh sebab itu, kami menggunakan alat Genose untuk memeriksa kesehatan murid, guru dan tamu yang akan memasuki pondok,” kata Fauzi.

Alat Genose ini baru dipakai selama 3 hari belakangan di ponpes Dalwa. Sebelumnya pihak pondok sudah berkonsultasi dengan berbagai pihak, dari ahli kesehatan sampai pemerintah.

Baca Juga : klik disini  Seruan Pentolan LSM Pasuruan "Copot" Kadispendik Bergema di Pendopo Kabupaten Pasuruan

Sebelum akhirnya pihak pondok memesan alat yang juga sudah digunakan oleh PT KAI ini dari Universitas Gajahmada (UGM). Fauzi menambahkan, Ponpes yang berada di Kecamatan Bangil ini, diklaim merupakan lembaga pendidikan pertama yang menggunakan alat buatan peneliti dari UGM ini.

Pihak Ponpes membeli 3 buah sekaligus untuk ditempatkan di 3 titik. Yakni di asrama putra, asrama putri, dan di depan gerbang depan untuk tamu.

“Kami tempatkan di 3 titik, yaitu di asrama putra, asrama putri, dan di depan gerbang untuk para tamu. Jadi insha Allah bisa memberikan rasa aman bagi semua, baik guru, murid, dan orang tua,” tandasnya.

Sementara itu, Asisten 1 Pemkab Pasuruan Rakhmat mengatakan, Ponpes Dalwa menjadi pioner dalam penggunaan Genose sebagai alat pendeteksi virus covid-19. Namun memang produksinya terbatas, dan masih menunggu petunjuk teknis dari kemenkes.

“Pondok Dalwa kan mendahului dan menjadi pioner untuk penggunaan Genose. Harapannya kan lembaga lain mengikuti. Tapi terkait efektivitas Genose masih menunggu dari petunjuk Kemenkes dan harganya cukup mahal, serta produksinya masih terbatas,” kata Rakhmat yang hadir meninjau penggunaan Genose di Ponpes Dalwa.

Baca Juga : klik disini  Kapolres Pasuruan Baksos bersama Pelajar Papua di Winongan

Jurnalis : Ulum.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!