Lumbung Berita
NEWS TICKER

Prihatin Jalan Rusak, Warga Rabono Wonorejo Urunan

Minggu, 2 Mei 2021 | 10:30 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com
Kondisi jalan kabupaten di Desa Rabono, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan yang memprihatinkan membuat warga setempat bertindak, Minggu (02/04/2021).

Ya, warga membuat keputusan sendiri. Mereka sepakat urunan untuk memperbaiki jalan.

Sebagai informasi, jalan di Desa Rabono merupakan jalur alternatif ke Kecamatan Sukorejo. Namun jalan penghubung dua desa itu kondisinya cukup parah. Tak jarang pengendara roda dua terjatuh saat melintas.

Menurut salah satu tokoh pemuda setempat, Salim, jalan tersebut memang sudah lama tidak ada perbaikan.

“Seingat saya jalan tersebut diaspal sekitar tahun 1999 dan belum pernah ada perbaikan sama sekali sampai sekarang,” ujarnya.

Mengenai urunan, ia menyampaikan bahwa warga sepakat iuran untuk perbaikan jalan. Hasil urunan itu untuk keperluan pembelian semen, pasir, serta koral.

“Ya mau gimana lagi, kasian liat pengendara yang sering jatuh di jalan itu. Akhirnya warga berinisiatif untuk urunan. Apalagi lebaran sudah dekat, pasti akan banyak lagi pengendara yang lewat sini, ” tuturnya.

Ia menceritakan, pertengahan Maret lalu, perwakilan warga sempat bermediasi dengan Camat dan pemilik perusahaan ternak ayam.

Baca Juga : klik disini  Siswi SMP Sabet Juara Tiga Tata Rias Wajah Pengantin, ini Pesan Sugiarto..!

Keinginan warga adalah ada bantuan dari pemilik ternak ayam tersebut mengingat lokasi jalan rusak tak jauh dari perusahaan ternak ayam. Saat itu, lanjut Salim, pemilik perusahaan bersedia membantu.

“Ya bulan Maret itu ada mediasi. Pihak perusahaan bersedia untuk membantu. Namun sampai saat ini belum ada kabar dari perusahaan tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Rabono, Hamzah, menuturkan bila selama ini pihaknya sudah berupaya maksimal. Salah satunya lewat Musrembang.

Namun ia mengakui, dirinya bukan pengambil keputusan. Karena jalan rusak tersebut berada di wewenang Kabupaten.

“Kami sudah berusaha semaksimal mungkin mas. Bahkan waktu musrembang kemarin, saya ngajukan lagi. Tapi mau gimana lagi, inikan jalan kabupaten,” tutupnya saat ikut hadir dalam perbaikan jalan tersebut.

Jurnalis : Samhuri

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!