Lumbung Berita
NEWS TICKER

PT Indolakto Purwosari Sukses Daur Ulang Limbah Padat (Sludge ipal) Jadi Pupuk Organik Dan Pakan Ternak

Jumat, 1 Januari 2021 | 12:22 pm
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-berita.com

limbah cair susu dari PT Indolakto Purwosari, Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, yang dulu diduga kerap mencemari sungai dan limbah susu yang mengeluarkan bau tidak sedap, hingga meresahkan lingkungan sekitar.

Warga dulu khawatirkan dengan adanya limbah, karena bisa merusak ekosistem sungai dan kesehatan masyarakat, bila tidak di tanggulangi dengan baik dan benar.

Namun, ternyata perusahaan PT Indolakto Purwosari tidak tinggal diam atau mengabaikan dugaan tersebut.

Perusahaan selalu berupaya membuat terobosan pengolahan limbah cair hingga limbah padat, untuk bisa di manfaatkan kembali dari segi pertanian hingga budidaya pakan alternatif ternak magot dan cacing sutra serta unggas.

Kini perusahaan PT Indolakto Purwosari bisa menghasilkan sesuatu yg bisa bermanfaat untuk ekonomi masyarakat, melalui limbahnya untuk masyarakat di wilayah sekitar perusahaan.

Ternyata, sekarang limbah cair dari pengolahan susu tersebut bisa didaur ulang dengan cara metode fermentasi genetik biologi micro organisme, hingga menghasilkan pakan alternatif budidaya ternak dan media tanam pertanian hingga pupuk organik, yang bisa menghasilkan pundi-pundi ekonomi kemasyarakatan.

Baca Juga : klik disini  Apes.!! Maling Motor di Winongan Sempat di Massa

Menurut manajemen pengolahan limbah PT Indolakto Eko Sri Agus menjelaskan bahwa, program Sustainability “sedang” dilaksanakan dengan metode penelitian cukup ketat dan lama hingga memakan waktu bersama instansi pemerintahan terkait, akademisi dan lab yang tersertifikasi.

“Kami mencoba dengan menggunakan sistem penguraian fermentasi genetik bakteri pada limbah susu yang kami produksi. Memang hal ini cukup sulit dalam mengelola limbah susu tersebut,” Kata panggilan Agus.

Menurutnya, dengan keyakinan serta berbekal pengetahuan dan keilmuan yang dimiliki, pihaknya bisa mengolah limbah susu sapi.

“Alhamdulillah kami bisa mengelola limbah susu sapi menjadi kompos organik bahkan pakan ternak, sehingga tidak mencemari lingkungan serta mimpi kami memanfaatkan air effluent ipal untuk project water recycle “Tambahnya.

Nantinya hasil olahan berupa pupuk bisa menjadi media alternatif pakan ternak unggas dan media pertanian,tanam tanpa beli pupuk untuk masyarakat sekitar,” Jelas Agus, Jumat (01/01/21).

Manajemen PT Indolakto Purwosari juga memaparkan kalau ada beberapa cara, salah satunya dengan cara pengolahan secara fermentasi genetik, yang dilakukan di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Baca Juga : klik disini  Keluhkan Sampah dekat Sekolah. ini Kata Kades..!

PT Indolakto Purwosari lebih fokus menggunakan sistem fermentasi bakteri genetik, dimana dengan metode khusus tersebut dapat mengurai limbah dengan cepat, padat maupun cair,

“Yang cair digunakan menjadi pakan magot, yang padat diubah menjadi pupuk organik,” Papar Agus.

Sebagaimana komitmen PT Indolakto Purwosari, kami sangat konsen bagaimana menyeimbangkan terkait dengan kontribusi terhadap masyarakat maupun lingkungan, tapi masih dalam tahapan assessment dan review,” Ungkapnya.

Sementara itu Yasman, selaku manager HRD PT Indolakto Purwosari menambahkan, program pengolahan limbah susu di Purwosari juga bekerjasama dengan bank sampah wilayah samping perusahaan, seperti di Desa Martopuro dan Desa Tejowangi, Kecamatan Purwosari.

“Kami menggandeng masyarakat dengan tujuan ikut serta membantu peningkatan sumber daya manusia (SDM), dalam meningkatkan perekonomian kemasyarakatan,” Ucap Yasman.

Kami juga menggandeng peternakan magot dan unggas serta bidang pertanian.

Untuk bank sampah kami secara langsung berkerja sama dengan instansi pemerintah Dinas Lingkungan hidup ( DLH ) Kabupaten Pasuruan.” Pungkas Manager HRD PT Indolakto Purwosari.

Jurnalis : Yudha.

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!