Lumbung Berita
NEWS TICKER

Puting Beliung Hantam Sumbersuko Gempol, Atap Rumah Sampai Terbang

Selasa, 16 Januari 2024 | 4:34 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Angin puting beliung menghantam Dusun Klurak, Desa Sumbersuko, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Senin sore (15/1/2024). Akibatnya, 4 rumah dan beberapa pohon patah. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kerusakan paling parah menimpa rumah Tasni. Atap rumah milik perempuan kelahiran 1961 ini lepas. Rangka dan atap dari bahan galvalum tersebut terbang sejauh 50 meter dan mendarat di atap rumah warga lainnya.

Kepada awak media, ibu rumah tangga ini menceritakan, saat kejadian, dia bersama penghuni rumah lainnya sedang salat azhar berjemaah. Kondisi di luar hujan deras disertai angin kencang.

Usai salat, ia mendapati air hujan meluber ke dalam rumah. Dapur dan kamar bagian belakang terlihat lebih terang. Rupanya, atapnya sudah lepas dan terbang.

“Saya tahunya air masuk ke dalam rumah dan kelihatan lebih terang. Padahal saat itu mati lampu. Setelah saya lihat, ternyata atap bagian belakang rumah saya sudah amblas,” ujarnya.

Selain 4 rumah, puting beliung juga mengakibatkan beberapa pohon patah. Sepengamatan Lumbung Berita lokasi pohon berada di jalan desa setempat. Patahnya dahan ini membuat kabel PLN porak poranda.

Baca Juga : klik disini 👇  FPK Gelar Halal Bihalal, Ki Bagong Berharap Regenerasi Ketua

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Kecamatan Gempol, Hadi Suar menerangkan dari 4 rumah terdampak, 3 diantaranya mengalami rusak cukup parah.

Untuk penanganan, pihaknya berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Pasuruan. Bantuan awal akan turun bersamaan dengan Tim BPBD hadir melakukan asessmen.

“Kami sudah laporkan ke BPBD. Tim sedang perjalanan ke lokasi. Nanti bantuan akan ditentukan dari hasil asessmen. Yang pasti, untuk bantuan awal, BPBD akan memberikan terpal, makanan siap saju, dan kebutuhan hidup lainnya,” pungkasnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITA 
error: Content is protected !!