Lumbung Berita
NEWS TICKER

PWI Jatim Minta Wartawan Cermat Pemberitaan Anak

Selasa, 19 Desember 2023 | 6:56 am
Reporter:
Posted by: Redaksi

Pasuruan_Lumbung-Berita.com
Wakil Ketua Bidang Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim, Machmud Suhermono meminta wartawan cermat dalam menulis pemberitaan anak. Utamanya dalam pengungkapan identitas dan keberadaan anak.

Pesan dari pria yang juga akrab disapa Machmud ini disampaikan saat menjadi pemateri dalam Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) di Mapolresta Malang, Senin (18/12/2023).

Menurutnya, mayoritas wartawan paham dalam menulis nama anak sebagai korban maupun pelaku. Namun, hal krusial yang kerap luput adalah penulisan alamat rumah dan nama sekolah.

“Namanya diinisialkan, tapi alamat rumahnya disebut atau nama sekolahnya ditulis. Ini yang dilarang dalam PPRA (Pedoman Pemberitaan Ramah Anak),” jelas penggemar klub bola Manchester City tersebut.

Efeknya cukup fatal. Jejak digital akan tetap ada. Di masa mendatang, bukan tak mungkin si korban akan menuntut balik. Sedangkan, sambungnya, masa kedaluwarsa kasus adalah 12 tahun.

“Yang media siber, dikoreksi sesegera mungkin. Jangan sampai terjadi, 10 tahun ke depan, saat sudah menikmati pensiun, tiba-tiba datang surat panggilan dari kepolisian gara-gara tulisan di hari ini,” urainya.

Baca Juga : klik disini šŸ‘‡  Lika-Liku Sampah di Randupitu (1): Dari Pempes Terwujudlah Penghargaan

Sepemantauan Lumbung Berita, kegiatan yang diikuti 60 wartawan dari berbagai daerah itu, dihadiri juga oleh Ketua Dewan Penasihat PWI Jatim, Joko Tetuko dan Kapolresta Malang, Kombes Pol Budi Hermanto.

Dalam sambutannya, Kapolresta Malang Kombes Pol Budi Hermanto menegaskan komitmennya untuk bersinergi dengan rekan media se-Malang Raya. Pihaknya mengaku tak bisa mengelola kekondusifan Malang Raya tanpa keterlibatan semua pihak.

“Kami akan tetap berkomitmen bersinergi dengan teman-teman media. Kami tak bisa sendiri membangun suasana kamtibmas, harus berkolaborasi dengan berbagai pihak,” jelasnya.

Apalagi saat ini masa-masa kampanye. Budi mengaku membutuhkan rekan media untuk mengedukasi masyarakat agar tidak golput. Selain itu, lanjutnya, pengamatan wartawan dibutuhkan untuk mengawasi netralitas anggota polisi.

“Tolong diamati teman-teman. Kalau ada anggota saya yang tidak netral, langsung laporkan ke saya. Tolong juga diedukasi masyarakat agar tidak golput. Jadi, libur sehari ketika coblosan, benar-benar untuk menggunakan hak suaranya. Bukan malah untuk plesiran,” tutupnya.

Jurnalis: Indra

Berita Lainnya

PT.REDAKSI LUMBUNG BERITAĀ 
error: Content is protected !!